17 Jajaran Koramil di Kodim 0713 Brebes Buat Kandang Ayam Petelur

Brebes – Guna meningkatkan kesejahteraan prajurit, Komandan Kodim 0713/Brebes, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si dengan ide dan inovasinya dalam upaya khusus mensukseskan program ketahanan pangan memberikan peluang kepada 17 Koramil jajaran untuk membuat usaha rumahan yaitu memelihara ayam petelur.

Selangkah lebih maju, Bati Tuud Koramil 09/Tonjong, Peltu Ibrohim bersama anggota Babinsa ikut mensukseskan kebijakan dari Komando Atas dengan membuat kandang ayam petelur dari bamboo dibelakang kantor Koramil 09/Tonjong. Selasa (10/09/2024).

Ukuran kandang ayam petelur yang ideal adalah panjang 120 cm, lebar 35 cm, tinggi depan 42 cm, dan tinggi belakang 37 cm. untuk memuat 10 ekor ayam petelur.

Dikatakan Bati Tuud Koramil 09/Tonjong Peltu Ibrohim bahwa ukuran tersebut untuk 10 ekor ayam, dan berlanjut akan membuat hingga untuk 40 ekor ayam petelur.

“Saya bersama anggota Babinsa membuat kandang ayam petelur dengan guyub, Alhamdulillah sudah berdiri 2 kandang untuk 20 ekor ayam”. tutur Peltu Ibrohim.

“Bahan pembuatan kandang ayam dibuat dari bamboo, karena di wilayah Tonjong sangat melimpah bahan bamboo, sehingga pengeluaran lebih efesien, kemudian ayam petelur didatangkan dari pemilik usaha pembesaran ayam petelur yang produktif guna memperoleh hasil cepat, pakan ayamnyapun selain konsentrat petelur sebagai bahan pokok pakan ayam disamping dicampur dengan bekatul dan sisa-sisa makanan”. imbuhnya.

Sementara Komandan Kodim 0713 Brebes, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan “Hal tersebut merupakan suatu wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada di wilayah teritorial dan bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejateraan warga agar dapat meningkatkan penghasilannya dengan cara berternak ayam petelur”. papar Dandim.

“Budidaya ayam petelur sebenarnya sangat mudah dan banyak manfaat dimana kebutuhan protein sehari-hari dikeluarga dibutuhkan”. Imbuhnya.

“Dalam berternak ayam petelur harus diperhatikan perawatan, pemberian pakan yang rutin, hingga kebersihan kandang ayam yang harus terjaga serta obat obatan untuk kesehatan pada ayam agar terhindar dari pada jenis penyakit “ tutup Dandim.

Sebagai bentuk implementasi dari program unggulan Dandim 0713 Brebes yaitu mendukung ketahanan pangan serta program Korem 071/Wijayakusuma dan Kodam IV/Diponegoro serta TNI AD. (Pen0713).

3000 138 kali dilihat, 138 4 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page