Satuan Yonif 407/Padmakusuma Latih Prajurit Baru Taja Dan Baja

Tegal, Tops Berita – Satuan Yonif 407/PK menyelenggarakan kegiatan latihan renang untuk prajurit baru Taja dan Baja.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kolam renang Water Park Tegal dalam rangka untuk meningkatakn ketangkasan dan kemampuan anggota guna mendukung tugas pokok sebagai prajurit, Jumat (10/09/2021).

Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan prokes Covid-19, dimulai dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis anggota Tonkes. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh prajurit yang berlatih dalam keadaan sehat.

 

Selanjutnya para prajurit melaksanakan senam peregangan dan pemanansan agar tidak terjadi cidera saat melaksanakan renang.

Latihan ini dibawah pembinaan Letda Inf Sofwan Naring selaku Pjs. Pasi Ops Yonif 407/Padmakusuma. Latihan renang ini dilaksanakan menggunakan gaya dada/gaya katak untuk melatih ketahanan.
Selanjutnya juga menggunakan timer untuk melatih kecepatan dalam berenang.

Ia menyampaikan, kegiatan latihan renang ini bertujuan untuk menggembleng prajurit Taja dan Baja Yonif 407/Padmakusuma secara terprogram dan terarah sehingga diharapkan angggota dalam kondisi siap guna mengahadapi tugas sebelum masuk ke kompi-kompi senapan.

“Dalam kegiatan latihan renang ini menggunakan gaya dada untuk melatih ketahanan. Untuk berenang gaya dada, posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di udara dalam waktu yang cukup lama.

Gaya dada atau gaya katak berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua kaki menendang ke arah luar sementara kedua tangan diluruskan di depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan gerakan air agar badan maju lebih cepat ke depan.

“Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji kemampuan serta ketangkasan renang setiap prajurit, dan sebagai bahan evaluasi bagi tiap-tiap anggota.

Selanjutnya juga untuk menjaga kondisi fisik dan memelihara kebugaran jasmani prajurit,” begitu pungkasnya. ( Tgh )