Kantor Perwakilan (KPw) BI Tegal Salurkan Bantuan 35 Unit Tabung Oksigen Untuk Pemkab Brebes

Brebes, Tops Berita –  Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal Muhamad Taufik Amrozy menyerahkan secara simbolis bantuan sarana/ prasarana penunjang kesehatan berupa 35 unit tabung oksigen dengan ukuran 6M3 beserta isinya kepada Bupati Brebes, Idza Priyanti, Jumat (29/9) di rumah dinas Bupati Brebes.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, Pemerintah Kabupaten Brebes menerima bantuan 35 unit tabung beserta isinya dari KPwBI Tegal. Bantuan itu, nantinya akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Brebes.

“Utamanya ini untuk RSUD Brebes, yang mana sekarang sangat dibutuhkan oleh pasien terpapar Covid-19 yang di rawat di ruang ICU (Insentive Care Unit). Tentunya, bantuan ini akan memberi manfaat yang sangat luar biasa,” kata Bupati.

Sebelumnya, menurut Idza, KPwBI Tegal juga sudah membantu ratusan pelaku wisata yang terdampak Covid-19. Hal itu, karena Pariwisata yang masih tutup.

“Kami berharap agar Bank Indonesia bisa membantu pemulihan ekonomi terutama pengentasan kemiskinan di Brebes,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Brebes, dr Rasipin mengatakan, dalam seminggu terahir kasus positif Covid-19 di Kabupaten Brebes cenderung menurun. Saat ini, hanya ada 7 orang yang positif terpapar Covid-19.

“Dua diantaranya di rawat di ICU RSUD Brebes, sisanya diruang Isolasi,” tandasnya.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal, Muhamad Taufik Amrozy menambahkan, sebagaimana tanggung jawab sosialnya, Bank Indonesia memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk turut membantu pemerintah dan masyarakat sekitar dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Pemenuhan oksigen di rumah sakit bagi pasien COVID-19 merupakan hal yang vital dan perlu menjadi perhatian untuk meningkatkan survival rate pasien sehingga peluang sembuhnya lebih besar,” ujarnya.

Melihat pentingnya ketersediaan oksigen ini di rumah sakit, Bank Indonesia melalui PSBI memberikan bantuan sosial kepada beberapa rumah sakit rujukan perawatan pasien COVID-19.

“Salah satu rumah sakit rujukan untuk perawatan pasien COVID-19 adalah RSUD Brebes, oleh karena itu Bank Indonesia pada kesempatan yang mulia ini akan memberikan sebanyak 35 unit tabung dan oksigen beserta regulatornya sebanyak 35 paket dengan nilai bantuan sebesar 157.850.000 rupiah,” tandasnya.

Pihaknya berharap bantuan ini dapat bermanfaat serta membantu rumah sakit dalam proses penanganan dan perawatan pasien COVID-19 di wilayah Kabupaten Brebes dan sekitarnya.

“Kami juga berharap melalui penyaluran PSBI bantuan tabung oksigen ini diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan oksigen sehingga dapat lekas sembuh dan beraktivitas kembali,” harapnya.

Diketahui, pada tahun 2021 Bank Indonesia melalui mekanisme pembelian surat berharga negara turut membiayai program percepatan vaksinasi nasional sehingga diharapkan herd immunity akan segera terwujud.

Penulis : Simpe

You cannot copy content of this page