Cegah Tangkal Radikalisme Dan Separatisme, Korem 071 Gelar Pembinaan

Purwokerto -Topsberita.com – Maraknya perkembangan paham Radikalisme dan Separatisme belakangan ini perlu disikapi dengan waspada dan hati-hati oleh seluruh komponen bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Danrem/071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safudrin, S.I.P., dalam sambutannya yang di bacakan oleh Kasiter Rem 071/Wk Letkol Inf Eddy Lallo pada acara Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme di Makorem 071/Wijayakusuma, Kamis (30/9/2021).

“Akhir-akhir ini Bangsa Indonesia dihadapkan pada berbagai ujian dan tantangan baik itu yang berhubungan dengan pandemi Covid-19, maupun perkembangan berbagai bentuk gerakan yang dilakukan oleh elemen-elemen radikal atau yang sering disebut kelompok garis keras,” ujarnya.

Gerakan Radikal sebagai suatu pandangan, paham dan gerakan yang menolak secara menyeluruh terhadap tatanan, tertib sosial dan paham politik yang ada dengan cara perubahan atau perombakan secara besar-besaran melalui jalan kekerasan.

Sedangkan Separatisme merupakan gerakan untuk mendapatkan kedaulatan guna memisahkan diri dari wilayah suatu negara karena ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya maupun alasan lain.

“Guna mencegah berkembangnya paham tersebut, diperlukan komitmen kebangsaan dan rasa persatuan dari seluruh elemen bangsa”, tegasnya.

Dikatakan, dalam mencegah kegiatan radikalisme dan separatisme tersebut tidak bisa dilakukan secara perorangan, tetapi harus bahu-membahu dan bersama-sama,” lanjutnya.( Tgh )

You cannot copy content of this page