Komandan Yonif 407/Padmakusuma Pimpin Upacara Pindah Satuan

Tegal,-Topsberita.com – Sebagai penghormatan dan penghargaan bagi prajurit Padmakusuma yang akan melaksanakan pindah satuan. Kali ini, Yonif 407/Padmakusuma menggelar acara Korps Raport Pindah Satuan untuk dua prajurit terbaiknya. Acara tersebut diselenggarakan sesuai dengan Prokes Covid-19 di Halaman Mako Yonif 407/PK, Sabtu (09/10/2021).

Kedua prajurit Padmakusuma tersebut yang melaksanakan pindah satuan adalah Serda Harno dan Serda Sukono, merupakan anggota yang telah selesai melaksanakan pendidikan Secaba Reguler 2021. Dan selanjutnya akan beralih tugas di Satuan Komando Kewilayahan di Jajaran Kodam II/Sriwijaya dan Kodam Iskandar Muda.

Acara Korps Raport Pindah Satuan dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P.,M.I.P., selanjutnya bertindak sebagai Komandan Acara adalah Komandan Kompi Markas Yonif 407/PK Kapten Inf Luis Timor Riyanto.

Hadir dalam acara tersebut, para Pasi (Perwira Seksi) Yonif 407/PK, para Komandan Kompi Jajaran Yonif 407/PK beserta anggotanya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 beserta para pengurus dan anggota.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Catur Irawan mewakili keluarga besar Yonif 407/Padmakusuma menyampaikan apresiasi, rasa hormat, bangga dan penghargaan yang stinggi-tingginya serta dan ucapan terimakasih kepada prajurit yang pindah satuan atas segala pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan kepada satuan Yonif 407/Padmakusuma.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tradisi pelepasan ini merupakan salah satu upaya menanamkan rasa kebanggaan terhadap satuan yang dicintai, selain itu juga sebagai penghormatan dan penghargaan untuk anggota yang pindah satuan karena selama berdinas di Yonif 407/PK mereka telah mencurahkan segala usaha dan upaya demi kesuksesan dan kemajuan satuan.

“Saya berharap kepada prajurit yang pindah satuan, segala sesuatu yang baik dan positif yang didapat dari satuan ini dapat dikembangkan di satuan baru. Sedangkan hal-hal yang kurang baik agar tetap disimpan sebagai suatu bentuk koreksi demi kebaikan tugas dimasa mendatang. Di tempat tugas yang baru segeralah menyesuaikan diri terhadap lingkungan, pelajarilah tugas yang akan diemban serta tetap menjaga nama baik dan kehormatan satuan Yonif 407/Padmakusuma dimanapun berada,” harapannya.

“Selama melaksanakan tugas pengabdian di Satuan Yonif 407/Padmakusuma tentunya diantara kita semua pasti ada hal-hal yang kurang kerkenan baik dalam kedinasan maupun pribadi. Untuk itu, selaku Komandan beserta seluruh warga Yonif 407/Padmakusuma meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan baik disengaja maupun tidak, baik secara dinas maupun pribadi. Serta tidak lupa saya selaku pembina Persit KCK Ranting 4 Yonif 407 mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ibu-ibu Persit yang telah setia mendampingi suaminya selama bertugas di Yonif 407/Padmakusuma,” begitu pungkasnya.

Sebagai acara penutup, Komandan Yonif 407/PK memberikan ucapan selamat dan memberikan piagam penghargaan dan dilanjutkan dengan prosesi Sangkur Pora sebagai tanda penghormatan kepada seluruh prajurit yang pindah satuan. Hal tersebut dimaknai sebagai simbolis tanda penghargaan selama mengabdi dan bertugas di Satuan Yonif 407/Padmakusuma.

Acara tradisi Korps Raports Pindah Satuan Yonif 407/Padmakusuma tersebut dapat memberikan semangat kepada Prajurit yang akan beralih tugas di Kesatuan yang baru. Dan juga menumbuhkan rasa bangga terhadap Satuan lamanya.

Prosesi acara tersebut berlangsung secara tertib dan penuh khidmat. Rangkaian acara dapat dijalankan sesuai dengan rencana penyelenggaraannya, sehingga maksud dan tujuan digelarnya acara tersebut dapat tercapai dengan baik.
Karena kesuksesan dan keberhasilan dari acara tersebut merupakan wujud sebuah penghargaan Yonif 407/PK yang terakhir kalinya dipersembahkan kepada Prajurit Padmakusuma yang melaksanakan pindah Satuan atas dharma bhakti dan dedikasinya selama ini. ( Tgh )

You cannot copy content of this page