Jadi Wisata Baru di Brebes, Goa Lawa Songgom Terus Berbenah

Brebes,- Goa Lawa di Desa / Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes merupakan tempat bersejarah yang lama terbengkalai, hingga memunculkan kesadaran warga untuk menjadikannya tempat wisata baru di Kabupaten Brebes. Untuk itu, Kelompok Sadar Wisata Pesona Goa Lawa Songgom terus melakukan pembenahan. Dari mulai dari penataan lokasi, kenyamanan, dan terutama keamanan baik untuk peserta maupun pengunjung.

Tidak hanya melakukan pembenahan, Pokdarwis Pesona Goa Lawa Songgom juga melakukan pengembangan yang masih diperlukan guna menarik minat wisatawan datang ke Kabupaten Brebes. Meski masih dilakukan pembenahan dan pengembangan, Goa Lawa sudah mampu menarik minat pelaku usaha kecil. Terbukti, dengan bertambahnya pelaku usaha kecil yang memasarkan produknya di sekitar area wisata tersebut.

Ketua Pokdarwis Pesona Gowa Lawa Songgom, Abdul Haris mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan dan pengembangan mulai dari pintu masuk hingga bagian dalam Goa Lawa. Meski selama ini belum ada campur tangan pemerintah, namun menurutnya, tidak menjadi masalah.

“Saat ini, masih belum ada campur tangan dari Pemerintah Kabupaten Brebes. Pembenahan dan pengembangan Goa Lawa ini murni dari warga Songgom dan Relawan. Tapi, kalau Goa Lawa ini dikelola secara mandiri kan berarti tidak merepotkan pemerintah. Yang terpenting, dengan dibukanya Goa Lawa ini, mampu menarik minat pelaku usaha kecil untuk memasarkan produknya di sekitar area wisata ini,” ujarnya saat ditemui wartawan, Sabtu, (9/10).

Haris menyebut, di sekitar Goa Lawa ini yang masih terdapat sejumlah lubang goa lainnya, seperti Goa Fospat, dan Goa Macan yang lokasinya lebih tinggi dan akses jalan untuk menuju ke lokasi masih susah.

“Tempat ini sangat berpotensi sekali untuk obyek wisata. Apalagi disekitar Goa Lawa ini, ada tujuh lobang goa lainnya yang belum dibuka,” tuturnya.

Kemudian, saat ditanya alasannya, Haris menjawab, di lobang yang belum dibuka itu masih ada kendala terkait dengan medannya, bahkan masih ada medan yang curam. Sehingga untuk sementara, pihaknya lebih fokus dengan pembenahan dan pengembangan di area wisata Goa Lawa.

“Meski baru Goa Lawa yang dibuka, namun pengunjungnya banyak sekali. Apalagi kalau hari libur. Biasanya hari Sabtu dan Minggu disini ramai sekali,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Goa Lawa Songgom, Ifah Marifah (29) warga Tulung Agung, Jawa Timur menuturkan, awalnya penasaran dengan Goa Lawa ini.

“Sebelumnya, dia melihat Goa Lawa Songgom ini di Youtube. Karena belum pernah ke sini, dan pas kebetulan ada kesempatan ya mampir ke sini. Ternyata sudah banyak perubahan, banyak yang sudah dibenahi dan sedang dilakukan pengembangan. Dan di dalam goa Lawa ini ternyata pemandangan masih alami, bagus banget dan luar biasa,” ucapnya.

Selain itu, dia juga mendapat kabar bahwa sekitar Goa Lawa masih banyak gua yang belum di explore. “Saya sementara baru masuk yang di Goa Lawa ini, sehingga masih penasaran dengan lobang goa yang lain, yang kabarnya ada di sekitar sini,” pungkasnya. (Gust)

You cannot copy content of this page