Fogging Antisipasi Merebaknya DBD Di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang

Pemalang, – Topsberita.comĀ  Musim penghujan seperti biasa tapi musim hujan ini selain ada wabah pandemi covid 19 dan harus waspada wabah lain yaitu DBD (Demam Berdarah Dengue) dan sebab itu mengantisipasi DBD.

 

FOGGING adalah penyemprotan insektisida untuk membunuh nyamuk, penyemorotan ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk, misalnya demam berdarah atau malaria.

Kesigapan pihak Desa Surajaya Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang yang sudah ada korban warga yg menderita DBD di wil RW 01 Desa Surajaya. Kamis (18/11/2021).

 

Dalam penyemprotan melibatkan pemerintah desa dan Dinkes melalui Puskesmas Paduraksa. Adapun yang hadir dalam pengawasan Fogging Kades Surajaya Wasno, Sertu Cahyo nurpendi babinsa, Aiptu Sutardi babinkamtibmas, Bidan Heni Puskesmas, Yayat Dkk Kab. Pemalang dan Seluruh perangkat serta Ketua RW dan RW 01 Desa Surajaya.

 

Aedes aegypti betina dapat bertelur di tempat basah mana saja, meski sangat kecil. Mereka dapat ditemukan di tumpukan sampah di perkotaan, ataupun genangan air di pedesaan. Telurnya juga dapat bertahan di tempat yang kering dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga satu tahun dan menetas saat terendam kembali dalam air.

 

Harapan dari Kades Surajaya ” Dengan kita melakukan fogging diharapkan penderita tidak ada lagi, Dinkes juga memperhatikan wilayah lain agar tidak menjadi wabah, karena sekarang ini masih konsentrasi ke wabah pandemi covid19, tapi juga jangan abaikan DBD tidak kalah berbahayanya, masyarakat juga ikut menjaga agar setiap genangan air segera ditutup atau kaleng bekas ditanam atau dibuang airnya seperti kaleng yang sudah tidak terpakai sebagai pencegahan ” tutur Wasno.

 

You cannot copy content of this page