43 Petugas RPH Brebes Jalani Swab Antigen, Dua Diantaranya Reaktif

Brebes – Sehari menjelang perayaan Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes melakukan Swab Antigen 43 orang petugas yang ada di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Brebes.

Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh. Ismu Subroto mengatakan, hasil swab tersebut, dua diantaranya menunjukan reaktif Covid-19. Swab antigen tersebut merupakan salah satu protokol untuk memastikan agar seluruh petugas qurban, terutama Juru Sembelih Hewan Kurban (Julehan) dalam kondisi sehat. Dengan harapan, selama pelaksanaan pemotongan hewan di RPH berjalan dengan aman.

“Pemeriksaan swab antigen ini bertujuan untuk memastikan seluruh petugas di RPH dalam kondisi sehat,” ujar Ismu.

Ismu menambahkan, untuk pelaksanaan pemotongan di RPH sendiri akan dilakukan pada Rabu (21/7/2021) mendatang. Dan kepada petugas yang dinyatakan reaktif atau positif covid 19, mereka tidak diperbolehkan terlibat dalam kegiatan pemotongan hewan dan diperintahkan untuk isolasi mandiri di rumah masing masing .

“Memang sudah ada yang menitipkan di RPH, termasuk Bupati Brebes Idza Priyanti. Namun akan kita laksanakan Rabu nanti. Dan kepada petugas yang reaktif, kita minta untuk istirahat dulu,” tandas Ismu.

Lebih lanjut Ismu menambahkan, dalam sehari petugas kami maximal hanya mampu menyembelih 32 Sapi dan 10 Kambing, sebelum pelaksaan pemotongan hewan pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan hewan qurban yang dijual oleh peternak. Baik itu memeriksa ke lapak-lapak penjualan ataupun ke kandang peternak langsung.

“Memang dalam PPKM ini kita lakukan lebih ketat lagi. Untuk petugas di RPH kita lakukan swab antigen dan hewan kurban yang dijual juga sudag kita lakukan pemeriksaan sejak bulan lalu,” pungkas Ismu.

Penulis : Simpe

3000 234 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page