Pisah Sambut Komandan Kodim 0304 Agam Luar Biasa Pawai Diikuti Wali kota dan Kapolres

Bukit tinggi, Topsberita – Perdana dalam sejarah ketika pisah  sambut Komandan Kodim 0304 Agam ditandai dengan Pawai. Dimana Komandan Kodim 0304 Agam yang lama Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE. M.Tr Han pindah tugas  ke Kodiklat Bandung Provinsi Jawa Barat digantikan dengan Komandan Kodim 0304 Agam yang baru Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko, SE,   diawali dengan prosesi  pedang pora di halaman Makodim 0304 Agam selanjutnya   diarak berkeliling mengitari ruas jalan di Kota Bukittinggi menuju Koramil Baso menggunakan mobil Jeep bak terbuka.

 

Hebatnya, Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH, SIK, MH memimpin pawai ini bersama Walikota Bukittinggi H. Erman Safar dan rombongan menggunakan sepeda motor.

 

Usai prosesi pawai itu dilanjutkan temu ramah dan arahan kepada jajaran di Makodim 0304 Agam, Komandan Kodim 0304 Agam Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko kepada RRI, Sabtu (02/07/2022) mengatakan pihaknya  merasa bangga  menerima amanah yang diberikan negara, terkhusus dari TNI Angkatan Darat (TNI AD)  bertugas dan berdinas di Kodim 0304 Agam. Pria asal Banyumas di   sebuah daerah bagian barat Provinsi Jawa Tengah ini  ternyata bukanlah  figur baru di  Sumatera Barat, dikarenakan dirinya merupakan  “Sumando Urang Awak”.  Pihaknya merasakan seperti pulang kampung ke daerah ini.

 

“saya baru melaksanakan serah terima jabatan di hari Kamis kemarin,  baru dua hari di sini, ini  suatu kebanggaan buat saya, dan amanah yang diberikan oleh negara, Angkatan Darat (AD) khususnya kepada saya, ini sesuatu yang sangat luar biasa, saya kebetulan aslinya dari Banyumas, dan sekarang saya masuk di Bukittinggi, dan kebetulan memang istri saya orang Solok, jadi memang dari suku Minangkabau  “urang sumando”, ya merupakan saya pulang kampung,”ucapnya

 

Menurutnya,  Kodim 0304 Agam yang memiliki dua  wilayah koordinasinya sehingga segala potensi yang dimiliki  seperti sektor pariwisata, pertanian, peternakan  dan sektor lain yang menjadi bagian dari satuan teritorial   berjalan sesuai dengan visi misi yang diusungnya. Dikatakan, pihaknya ingin  kemajuan dan perubahan kesejahteraan  serta produktivitas masyarakat bersama TNI, sehingga  didukung dengan prajurit yang profesional, jujur dan produktif.

 

“Sehingga tentunya rencana ke depan, terkait hal yang baru di sini kita ketahui bersama bahwa wilayah Kodim 0304 Agam  dengan Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi adalah wilayah objek wisata, ada pertanian juga, ada peternakan juga, kita sebagai satuan teritorial, dimana tugas pokoknya  salah satunya adalah memberikan pembinaan teritorial kepada wilayah, itu yang saya laksanakan sebagai visi misi saya untuk memajukan dan tentunya memberikan masyarakat  yang sejahtera, kita ada tiga visi yang menjadi acuan yaitu prajurit yang profesional, prajurit yang jujur, prajurit yang produktif, tentunya masyarakat yang produktif. Itu yang menjadi acuan kita,”ujarnya

 

Dandim Letkol Renggo Yudi Ariesko optimis potensi yang ada di kedua daerah  akan terus dipelajari, apalagi keberadaan para babinsa dan koramil yang  ada di tengah masyarakat  bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  agar terwujud pengabdian dan pelayanan  seutuhnya kepada masyarakat.

 

“potensi yang ada nanti kita pelajari melalui ujung tombak kita babinsa dan koramil tentunya bersama – sama dengan masyarakat, dan Forkopimda, dan saya berusaha untuk mengabdi dan memberikan pelayanan serta berusaha untuk menciptakan kesejahteraan di masyarakat khususnya di wilayah Bukittinggi dan Kabupaten Agam sebagai tanggung jawab  saya sebagai pembinaan teritorial. Itu rencana saya kedepannya,”katanya

 

Lebih lanjut disebutkan, pihaknya akui sektor pariwisata yang dimiliki Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam sudah teruji dan ternama, jauh  sebelum dirinya  berada di wilayah ini.  Dandim sudah membuktikan sejumlah destinasi wisata di Bukittinggi seperti Taman Panorama Lubang Japang,  literatur sejarah tentang biografi Bung Hatta, begitu juga panorama Puncak Lawang dengan view Danau Maninjau dari kejauhan di atas bukit. Kodim 0304 Agam siap bersinergi dengan segenap elemen  untuk mencapai kemajuan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

 

“ya, kalau untuk  yang saya lihat pertama untuk wilayah Bukittinggi ini kemarin kita ada Lubang Japang, kemudian ada wisata sejarah itu Istana Bung Hatta, kemudian ada Puncak Lawang di Kabupaten Agam. Itu merupakan objek wisata yang luar biasa, yang memang sudah saya dengar sebelum ke sini, pak. Di sini hawanya juga sangat bagus, tentunya. Dan saya yakin mudah – mudahan  saya mohon do’a restunya kepada seluruh masyarakat Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam untuk kita sama – sama bersinergi dan memajukan wilayah ini dan mensejahterakan masyarakat,”imbuhnya

 

Ditegaskan, pihaknya mengedepankan prinsip pentahelix untuk  mewujudkan sinergitas  terhadap program Kodim 0304 Agam, peran media atau pers dibutuhkan  sehingga  menjadi sebuah kesatuan.

 

“iya, tentunya. Karena saya menggunakan prinsip pentahelix, pak. Prinsip pentahelix itu pertama pemerintah, dengan pemerintah iya kan, dengan masyarakat, dengan akademisi, kemudian dengan media, dan dengan komunitas yang lainnya, sehingga semua komponen akan bersinergi, pak,”jelasnya

 

Komandan Kodim 0304 Agam Letkol Czi Renggo Yudi Ariesko menyebutkan pihaknya siap mengajak, menerima dan memfasilitasi tamu untuk datang berkunjung ke Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam,  sebagaimana diketahui saat ini menjadi masa peralihan pasca pandemi covid-19,  jika sebelumnya terdapat sejumlah pembatasan  maka sekarang upaya untuk pemulihan  berbagai lini dilakukan,  tentu  secara berangsur pemulihan ekonomi akan terwujud di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Bersama rakyat TNI itu kuat.

 

“insha allah seperti itu, kami siap membawa  dan memfasilitasi tamu dari TNI AD khususnya datang dan berkunjung ke Kota Bukittinggi ini. Kita welcome untuk semuanya, karena apalagi sekarang pasca pandemi covid-19 mudah – mudahan ini sebagai gairah baru, untuk mulai sama – sama terbuka dalam meramaikan, dalam berkarya, yang mana kegiatannya dulu pernah dibatasi, saat ini alhamdulillah sudah mulai berangsur pulih, untuk pemulihan ekonomi di wilayah Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam,”tambahnya(red)

3000 227 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page