PWI Kabupaten Brebes Reboisasi Hutan, ini kata Ketua LSM Wahana Bumi Lestari

Brebes topsberita.com – PWI kabupaten Brebes akan melakukan serangkaian kegiatan peringatan Hari Pres Nasional Ke -77 adapun rangkaian kegiatan diantaranya pengukuhan pengurus PWI kabupaten Brebes periode 2023-2026 sekaligus tasyakuran.

Dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainya seperti  penanaman bibit kopi dan penghijauan dilahan kritis yang selama ini menjadi penyumbang banjir terutama di wilayah selatan kabupaten Brebes, sebagai hulu sumber-sumber mata air untuk kabupaten Brebes dan sebagian wilayah di sekitar kabupaten Brebes.

Jenis pohon yang akan ditanam yakni pohon kopi Dari beberapa jenis tanaman produksi maupun tanaman lainya kopi salah satu tanaman yang memiliki struktur sempurna dari akar tunggang dan serabutnya  akan menjadikan tanah tetap subur dan mampu menahan tanah disekitar tanaman.

Sebab penanaman bibit tanaman produksi seperti kopi telah dilakukan sejak penjajahan Belanda dan cocok baik dari jenis Torabika maupun jenis Arabika.

Biji kopi yang dihasilkan akan memberikan nilai ekonomis untuk warga masyarakat, sehingga diharapkan mampu warga masyiarakat diwilayah hutan akan beralih dari menanam sayur mayur ke tanaman kopi.

Dari kajian tanaman sejenis rumput-rumputan juga memiliki pengaruh besar terhadap sumber-sumber mata air adalah rumput gajahan, odot, indres dimana rumput tersebut mampu menampung atau menyerap air dimusim penghujan dan disaat di musim kemarau akan mengeluarkan air dari tanaman tersebut akan mengering daun-daunya namun akar akan tetap tumbuh dengan baik dan menjadikan debit air akan setabil.

Dari beberapa kajian-kajian yang dilakukan oleh pemerhati lingkungan seperti LSM wahana bumi lestari ( WBL ) sangat mendukung kegiatan PWI kabupaten Brebes yang akan mengadakan kegiatan penanaman dan penghijauan di wilayah selatan kabupaten Brebes.

Ketua LSM Wahana Bumi Lestari Muflikhin ST mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Brebes. Kamis (25/01/2023).

“Saya selaku pemerhati lingkungan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang akan dilakukan oleh PWI Brebes dengan melaksanakan Reboisasi Hutan di wilayah Brebes Selatan.” Jelasnya

“Selama ini media -media telah banyak membantu kegiatan dan pesan-pesan moral terhadap kelestarian lingkungan sehingga tepat sekali jika PWI kabupaten Brebes mengadakan kegiatan tersebut.” Imbuh Muflikhin

Ia juga berharap tentunya kegiatan ini harus bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemkab Brebes, Perhutani, Perusahaan-perusahan terutama PDAM Kabupaten Brebes atau lembaga lainya  yang ada di Kabupaten Brebes. (Is)

3000 204 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page