Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban di Kota Tegal Dipantau

Tegal, Tops Berita – Ada beberapa lokasi peternakan penggemukan kambing dan sapi wilayah Kota Tegal mendapat kunjungan petugas Bidang Pertanian dan Peternakan Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal. Rabu (7/6/2023).

Kunjungan petugas dalam rangka memeriksa kesehatan hewan ternak untuk memastikan hewan qurban wilayah Kota Tegal dalam kondisi sehat.

Petugas mendatangi peternak penggemukan kambing dan sapi dan memeriksa hewat ternak (qurban) satu persatu.

Plt Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKPPP Kota Tegal, drh. Liza Atikah menyampaikan, selain memeriksa kambing agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan penyakit lain pada hewan qurban yang mudah dalam penyebarannya.

“Kita tadi melakukan pengecekan pada 34 ekor kambing kita cek semuanya. Alhamdulillah semua nya sehat”, ungkap Liza Atikah.

Lebih lanjut Liza mengatakan, selain melakukan pemeriksaan, kita memberikan obat cacing. Dengan harapan ketika memotong hewan qurban tidak menemukan lagi cacing pada saluran pencernaan ataupun pada hari.

Menurut Liza, Alhamdulillah sampai hari ini tidak menemukan kasus ternak kambing, sapi, domba yang terkena PMK.

“Kota Tegal nol kasus PMK nya”, ujar Lisa Atikah.

Penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) kata Liza, penyakit koreng-koreng dan tropeng pada sapi dan Kerbau tidak ditemukan di wilayah Kota Tegal.***

3000 479 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page