PPK Ormawa BEM Fakultas Teknik UMUS Brebes Melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Tembelang Brebes

Brebes, Tops Berita – Universitas Muhadi Setiabudi Brebes menerjunkan Tim PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa) BEM Fakultas Teknik ke desa Tembelang Kec. Jatibarang, Kab. Berebes. Kamis (20/7/2023)

Tim PPK Ormawa BEM Fakultas Teknik dengan 7 mahasiswa akan melakukan Pengabdian Masyarakat selama 6 (enam) bulan.

PPK Ormawa merupakan program pengabdian yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai bentuk penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan.

Adapun PPK Ormawa kali ini mengusung tema Desa Cerdas, dengan judul program Oemah Sinau sebagai Program Pengembangan Kemampuan Literasi Masyarakat Desa Tembelang untuk Meningkatkan Mutu Diri.

Tim PPK menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa, Pemuda Karang Taruna, Irmas Al Ittihad, IPNU/IPPNU dan GP Ansor desa Tembelang.

Wadli,S.Tp.,M.Si. selaku Wakil Rektor III Universitas Muhadi Setiabudi Brebes melakukan pemotongan pita dalam meresmikan Penerjunan Tim PPK Ormawa.

“PPK Ormawa adalah program yang diinisiasi oleh mahasiswa, kesempatan pengabdian ini datang hanya satu kali,” ungkap Wadli saat memberikan sambutan.

Wadli berharap dapat memaksimalkan pelaksanaannya selama 6 bulan kedepan agar sukses menjalankan indikator capaian.

Univeritas Muhadi Setiabudi Brebes juga melakukan empat program KKN, yaitu KKN Reguler, Ekstensi, Antar Bangsa, & MBKM.

Sementara itu, Agyztia Premana,M.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan Tim PPK Ormawa menuturkan anggota Tim PPK Ormawa harus memiliki sifat Koordinatif, Komunikatif, dan Solutif.

Koordinatif kata Agyztia berarti antara Tim & Perangkat Desa harus memiliki koordinasi serta keterbukaan program kerja. Komunikatif, mahasiswa harus bersifat aktif dan mampu berkomunikasi kepada masyarakat desa Tembelang. Solutif, mahasiswa harus memberikan solusi dari permasalahan dari masing-masing program kerja.

Ketua Tim PPK Ormawa BEM Fakultas Teknik, M. Jufron menuturkan Program ini akan memfokuskan pada literasi dengan kurikulum berbasis pada kebutuhan lokal. Nantinya akan menyasar kepada anak-anak SD, SMP, SMA, masyarakat umum Desa Tembelang.

“Dengan adanya Oemah Sinau dapat meningkatkan minat baca masyarakat, skill, petani milenial dan pelaku UMKM baru serta kemampuan masyarakat dalam menghadapi Industri 4.0”, kata M.Jufron.

Seperti yang dikatakan Bung Hatta Indonesia tidak akan bercahaya karena obor besar di Jakarta, tapi akan bercahaya karena lilin-lilin di desa.

Kepala desa Tembelang Untung Triyanto menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa Tim PPK Ormawa. Harapanya mahasiswa dapat menjalankan program kerja yang menjadi agenda dengan lancar tanpa adanya hambatan suatu apapun. Pertemuan ini dilakukan di Balai Desa Tembelang untuk menciptakan adanya Relasi & hubungan baik antara Perangkat desa dan Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi Brebes.***
Mas Nuh

3000 480 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page