Menwa Jaka Poleng 961 STAI Brebes Menggelar Pemantapan dan Pembaretan

Brebes, Top Berita – Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebuah perguruan tinggi. Menwa termasuk dalam UKM bidang minat khusus.

Seorang calon Menwa perlu melalui beberapa tahapan untuk menjadi anggota Resimen Mahasiswa Indonesia. Salah satu tahapan tersebut adalah pemantapan dan pembaretan.

Tujuan dari pemantapan dan pembaretan adalah untuk memantapkan calon anggota baru sebelum masuk menjadi anggota seutuhnya. Pemantapan dan pembaretan juga bertujuan meningkatkan jiwa militan dari masing-masing calon anggota.

Berdasarkan tujuan tersebut, Menwa Jaka Poleng 961 STAI Brebes mengadakan pemantapan dan pembaretan. Kegiatan tersebut bernama Pemantapan dan Pembaretan Calon Anggota Baru Resimen Mahasiswa Pramudita Agustin STAI BREBES Brebes.

Pemantapan dan pembaretan mengambil tema Membangun Jiwa Militian Dengan Loyalitas Dan Dedikasi Tinggi.

Peserta pemantapan dan pembaretan kali ini berjumlah 6 orang calon Resimen Mahasiswa yang terdiri dari 1 putra dan 5 putri.  Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah calon anggota Yudha 46. Mereka telah melewati jenjang Pra Pendidikan Dasar dan Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Mahakarta berlangsung di Secaba Magelang.

Kegiatan Pemantapan dan Pembaretan berlangsung dua hari (29-30 Juli 2023) yang mengambil tempat di Kampus STAI Brebes dan Pantai PARIN. Pemantapan dan pembaretan tersebut dilaksanakan oleh Staf Komandan Resimen Mahasiswa Pramudita.

Sebelumnya, melakukan upacara pembukaan di Kampus STAI Brebes dengan inspektur upacara Wakil Ketua II Bidang Kemahasiswaan Denny Irmawan M.Pd.I. Setelah melaksanakan upacara pembukaan, seluruh peserta dan skolat pembaretan melaksanakan perpindahan medan dari kampus STAI Brebes menuju Lapangan Pantai Randusanga.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh calon anggota resimen mahasiswa Kholil Syahdi diantaranya ada kegiatan HTF, longmarch, caraka malam, binjas dan tradisi pengambilan baret. Kegiatan ini bertujuan agar siswa memiliki mental yang kuat dalam menghadapi rintangan keadaan apapun.

Pada kegiatan calon anggota resimen mahasiswa Kholil Syahdi akan mengambil baret sebagai tanda keanggotaan dan identitas sebagai menwa. Untuk mendapatkannya bukanlah sesuatu hal yang mudah, para siswa harus dapat menyelesaikan tradisi dari skolat. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan bahwa perlu adanya perjuangan yang besar dan gigih untuk mendapatkan sesuatu. berharap para siswa dapat menghargai sesuatu yang telah mereka peroleh.

Setelah para siswa telah melewati semua kegiatan pemantapan dan pembaretan para siswa melaksanakan upacara penutupan di Kampus STAI Brebes.
Mas Nuh

3000 1,003 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page