Mahasiswa KKN UMUS Brebes di Malahayu Ciptakan Teh Herbal dari Kulit Jeruk Bali

Brebes, Tops Berita – Desa Malahayu yang terletak di kecamatan Banjarharjo Kab. Brebes memiliki pohon Jeruk Bali dengan jumlah banyak. Jumlah pohon jeruk Bali yang tidak sedikit ini menantang Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes yang sedang KKN di desa Malahayu tergugah untuk berinovasi.

Mahasiswa KKN UMUS Brebes membuat produk Teh Herbal dengan memanfaatkan Kulit Jeruk Bali bisa bermanfaat bagi warga terutama dalam meningkatkan taraf perekonomian warga desa.

Sebelumnya, mahasiswa KKN UMUS Brebes telah melakukan penelitian tentang manfaat kulit Jeruk bali dan pemanfaatannya. Kulit Jeruk bali yang tumbuh banyak di desa Malahayu ternyata mengandung serat tinggi. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan dapat memperbaiki kolesterol.

Selain itu, kulit Jeruk bali mengandung minyak atsiri. Kulit jeruk Bali mengandung minyak atsiri yang memberikan aroma dan rasa khas pada makanan dan minuman yang diolah sehingga dapat menjadi daya tarik bagi konsumen.

Setelah melakukan penelitian, mahasiswa KKN UMUS Brebes mengadakan pelatihan pengolahan kulit Jeruk menjadi Teh Herbal. Ibu-ibu PKK desa Malahayu mengikuti pelatihan pengolahan kulit jeruk Bali.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN UMUS juga melatih ibu-ibu PKK dalam memasarkan produk melalui digital marketing Produk dan Pembuatan Katalog menggunakan Smartphone.

Kordinator Desa KKN Malahayu, Mohammad Lukmanul Hakim menaruh harapan yang besar agar  Teh Herbal Kulit Jeruk Bali menjadi produk unggulan desa Malahayu dan membantu perekonomian warga desa Malahayu.

Ketua Kader PKK, Tami menyampaikan apresiasinya kepada Mahasiswa KKN UMUS yang melakukan inovasi pembuatan Teh Herbal Kulit Jeruk Bali.

“inovasi seperti ini lah yang dapat bermanfaat bagi desa terutama banyaknya Kulit Jeruk Bali yang tumbuh”, kata Tami. Selasa (1/7/2023)

Mas Nuh

3000 554 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page