Gerakan Pramuka Gudep 16 -245- 246 Bersama UKM dan STAI Brebes Mengadakan Bina Gudep

Brebes, Top Berita – Pramuka sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga, telah menunjukkan partisipasi aktifnya dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda. Pramuka membina dan mengembangkan pelajar, dan mahasiswa melalui berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang.

Kegiatan kepramukaan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar yang relevan dengan perkembangan kejiwaan peserta didik. Terlaksana secara Fleksibel, harmonis, kontinu, terpadu dan berkesenambungan serta menggunakan metode yang vareatif sesuai dengan jiwa perkembangan dan jiwa kepramukaan.

Gerakan Pramuka merupakan salah satu wahana untuk aktualisasi diri dalam rangka menemukan jati diri sebagai pemimpin dalam masyarakat. Dalam Gerakan Pramuka, generasi muda mendapat berbagai tantangan, salah satunya tantangan sosial yang bersifat alamiah (Given). Melalui Pramuka generasi muda juga mendapat tantangan yang tercipta untuk melahirkan kondisi pembelajaran.

Semua itu terarah dan diproyeksikan dalam rangka pembinaan watak dan memupuk jiwa kepemimpinan sejati, agar lahir manusia-manusia rahmatan lil alamin.

Nilai-nilai rahmatan lil alamin yang universal ini harus dipupuk dan dikembangkan pada semua unsur dan dalam perjalanan masyarakat. Kemudian diinternalisasikan sehingga membudaya dalam perilaku individu dan sosial. Hal ini selaras dengan semangat Tri dharma Perguruan Tinggi yang menekankan aspek pengajaran/ pendidikan, penelitian/ pengembangan, serta pengamalan dan pengabdian.

Karena semangat inilah, Gerakan Pramuka pada Perguruan Tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia memiliki potensi strategis dan khas. Bersama elemen-elemen pembinaan kemahasiswaan lainnya, Gerakan Pramuka memainkan peranan sebagai kelompok avant garda pengusung nilai-nilai luhur tersebut.

Gerakan Pramuka Gudep 16.
245- 16.246 STAI Brebes yang menghimpun anggota dewasa muda bertekad untuk menjadikan gudep-nya sebagai wadah pilahan utama dan solusi handal dari masalah-masalah organisasi kaum muda (kemahasiswaan).

Salah satu solusinya adalah dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berorientasi kepandegaan.

Sebagai upaya konkrit untuk menyiapkan cikal bakal pemimpin yang kredibel, ideologis, visioner dan berwacana educative melalui bina diri, bina satuan .dan bina sosial kemasyarakatan.

Nur Muhammad Amin S S.Sos atau akrab dengan sapaan Kak Amin selaku pembina pramuka STAI Brebes mengatakan Gudep adalah anggota Dewasa yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan kepramukaan di Gugus Depan di bawah bimbingan Majelis Pembimbing Gugus Depan. Jumat (11/8/2023).

Ketua Racana Yos Sudarso Moh. Yusuf Adrian Racman mengatakan dalam kegiatan Penerjunan Bina Gudep menerjunkan anggota Pramuka sebanyak 30 orang Pandega.

“peserta penerjunan bina gudep bersama Semester 5 dan 3 tersebar pada Gugus Depan terdekat sekitar Kampus baik tingkat SMP,MTS dan MI dan kegiatan Bina gudep berlangsung selama 1 bulan mereka mengajarkan tentang kepramukaan secara dasar, dan Praktik Baris Berbaris, Tali Temali, Permainan Pramuka Serta Yang Lainnya,” ungkapnya

Menurut Pembina Pramuka MTS Ma’arif NU Brebes Kak Nurmin
menuturkan Pihak Nya merasa terima kasih Kepada Pramuka Racana Yos Soedarso dan Cut Nyak Dhien Telah Membantu pembinaan di Gugus Depan nya sehingga Bisa meringankan Untuk pembina Pramuka Di Gudep nya mudah mudah Allah SWT memberikan rezekinya dan semangat serta kesuksesan.***

Mas Nuh

3000 503 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page