ForPBes Menggandeng BRI Cabang Brebes, FE UNJ Gelar Seminar dan Pelatihan

Brebes, Tops Berita – Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Forum Pengusaha Muda Brebes mengadakan Seminar dan Pelatihan UMKM Bagi Pengusaha Brebes. Sabtu (19/8/2023) Hal ini merupakan pengabdian masyarakat kemitraan instansi bagi pengusaha muda Brebes.

Seminar dan Pelatihan UMKM Bagi Pengusaha Brebes berlangsung  di Aula Hj. Idza Priyanti, Lantai 5, Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Kabupaten Brebes dengan mengambil tema Peningkatan Kualitas SDM pada Kelompok UMKM Brebes.

Presiden Forum Pengusaha Muda Brebes (ForPBes) Feri menyampaikan hadir dalam Seminar dan Pelatihan UMKM Bagi Pengusaha Brebes lebih dari 80 peserta. Para peserta yang hadir sangat antusias dan acara berjalan khidmat.

Tujuan pelatihan ini, kata Pembina ForPBes Prof. Hamidah,. S.E,. M.Si, adalah untuk meningkatkan UMKM yang ada di Brebes. Para pengusaha muda Brebes sangat membutuhkan pelatihan mengenai digital marketing,

Menurut Hamidah, Ekonomi di Brebes masih perlu berkembang lagi. Berharap UMKM Brebes semakin Maju dan Sejahtera Prof. Hamidah,. S.E,. M.Si, Pembina Forum Pengusaha Muda Brebes (ForPBes).

Hadir dalam Seminar dan Pelatihan yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes Drs.Apriyanto Sudarmoko menjelaskan luas wilayah brebes mencapai 1.769,62 km2. Jumlah itu terbagi menjadi 17 kecamatan, 292 desa, 5 kelurahan, 1.573 RT, dan 8.153 RW.

“Kesejahteraan Masyarakat berpengaruh dalam Indeks Pembangunan Manusia, Penanganan Kemiskinan. Tingkat Pengangguran, Daya Saing Daerah, Pertumbuhan Ekonomi. Maka, arah pembangunan Kabupeten Brebes agar sejahtera harus ada peningkatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Melalui pertanian, industri pengolahan, perdagangan, investasi, intervensi sosial, kesehatan dan pendidikan saling bekaitan”, ucap Drs. Apriyanto Sudarmoko.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olehraga Kabupaten Brebes, Caridah,S.Pd. M Pd. mengatakan bahwa untuk mengentaskan pengangguran harus menggalakan program kewirausahaan pemuda.

“program kewirausahaan pemuda melalui pelatihan, baik pengurusan perijinan UMKM, palatihan berbasis potensi lokal desa, pendampingan wirausaha berbasis digital, Wirausaha Award,” jelas Caridah.

Pada tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Drs. Zaenudin, M.Si menuturkan bahwa jumlah UMKM pada kabupaten Brebes menurut 9 sektor sebanyak 104.708 UMKM.

“jumlah 104.708 UMKM, data tersebut dari SIUP TDP, izin IUMK melalui Paten dan OSS data Binaan. Dan data perdagangan pasar, usulan BPUM (bantuan pelaku usaha mikro), wirausaha baru sebanyak kurang lebih 1.342 UMKM”, ucap Drs. Zaenudin, M.Si.

Pada kegiatan ini Nicky Muhammad Zahab, Assistant Vice President/Pimpinan Cabang BRI Kantor Cabang Brebes mengatakan perlunya sinergi dalam pengembangan UMKM Brebes.***

3000 458 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page