RAINAS XII, Caridah : Pramuka harus bisa Survival

Brebes, Tops Berita – Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes, Caridah, M.Pd melaksanakan tugas PJ.Bupati Brebes mengunjungi Kontingen Kwarcab Brebes dalam kegiatan Raimuna Nasional (RAINAS ) di Cibubur. Minggu (20/8/2023).

Caridah bertolak dari Brebes jam 13.05 menuju ke Cibubur Jakarta Timur. Turut dalam rombongan yakni Kak Untung Subiyanto andalan Kwarcab Brebes dan Kustoro WHY S.IP (Ka.Pramuli Kwarcab Brebes).

Raimuna Nasional ( RAINAS ) XII Tahun 2023 berlangsung pada tanggal 14 – 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. RAINAS Sebagai ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega usia 16 – 25 Tahun dari seluruh Indonesia.

Kwartir Cabang Brebes mengirimkan 48 Peserta Putra dan Putri, 4 orang dari unsur Kwarcab. Sementara itu 8 orang dari unsur sangga kerja pada Raimuna Nasional XII Tahun 2023.

Dalam amanatnya, PJ Bupati Brebes menyampaikan salam hangat, salam sayang, salam kompak dan salam sehat. Semangat untuk adik adik yang sedang melaksanakan RAINAS di Bumi Perkemahan Cibubur dari Kontingen Kwarcab Brebes.

“Sesungguhnya PJ Bupati Brebes ingin hadir secara langsung dalam kegiatan RAINAS XII. Karena ada kegiatan Agustusan dan HUT Jawa Tengah di Kabupaten Brebes, maka mewakilkan pada saya”, ujar Caridah

Lanjut Caridah, Semoga adik adik dapat mengambil ilmu dan pengalaman selama kemah, mampu mengatasi permasalah dan serba keterbatasan.

“Pramuka harus bisa survival (Bertahan Hidup)”, kata Caridah mewakili PJ Bupati Brebes sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang.

Lebih lanjut Caridah berpesan pada kontingen Kwarcab Brebes, Adik adik sebagai calon pemimpin yang akan datang harus semangat belajar. Kalian harus meneruskan pendidikan supaya IPM Brebes bisa naik. PR Pemerintah Daerah diantaranya adalah rendahnya IPM.

Menurutnya, Indikator IPM salah satunya adalah angka lama sekolah. Dengan adik adik Kuliah maka angka lama sekolah kabupaten Brebes akan naik.

Kunjungan Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes, Caridah, M.Pd pada kegiatan RAINAS berlangsung hangat. Ada open Forum/tanya jawab, nyanyian khas Pramuka, motivasi dan cerita pengalaman berpramuka. Cerita pengalaman berpramuka dari Siaga sampai sekarang menjadi unsur majelis pembimbing cabang (Mabicab).

Pada acara cerita pengalaman, Kustoro WHY, S.IP dan Untung Subiyanto mewakili dari Andalan Kwarcab Brebes ikut memberikan pengalaman. Mereka memberikan motivasi pentingnya berpramuka untuk generasi muda.

“Motivasi sebagai bekal sukses para peserta Rainas. Ciri pemimpin adalah ketikan mengahadapi masalah berfokus pada solusi, bukan pada masalah”, terang Kak Toro panggilan akrab di Pramuka.

“Berpramuka itu banyak teman, banyak saudara dan banyak ilmunya”, ujar kak Untung Subiyanto.***

3000 482 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page