Satlantas Brebes Pasang Rambu Petunjuk Jalur Penyelamat di FO Kretek

Brebes, Tops Berita – Sebagai upaya meminimalisir insiden kecelakaan jalur utama Bumiayu-Paguyangan, ruas jalan nasional Tegal-Purwokerto. Jajaran Sat Lantas Polres Brebes, memaksimalkan keberadaan dua jalur penyelamat di ruas jalan tersebut.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto menyampaikan, berdasarkan masukan dari masyarakat dan juga evaluasi beberapa insiden yang terjadi, keberadaan jalur penyelamat luput dari pengetahuan sopir terutama truk dari arah selatan.

“Dari kondisi tersebut, maka kami berupaya memaksimalkan keberadaan jalur penyelamat, agar lebih mudah diketahui pengemudi saat membutuhkan,” ungkap Edi.

Dua titik jalur penyelamat sedianya telah berada di ruas jalan antara Bumiayu hingga Paguyangan untuk kendaraan dari arah selatan. Masing-masing satu titik depan Gardu Induk PLN wilayah desa Taraban dan depan Kantor Uji Petik Dinas Perhubungan wilayah Desa Pagojengan.

“Dua lokasi tersebut telah kami pasang banner pemberitahuan keberadaan jalur penyelamat, mulai dari 150 meter, 100 meter dan 50 meter menjelang titik jalur penyelamat,” jelasnya.

Melalui upaya pemasangan banner dengan tulisan peringatan untuk pengecekan fungsi pengereman dan informasi keberadaan jalur penyelemat, berharap bisa menekan angka dan fatalitas terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Banner imbauan terpasang untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Ini kita pasang terutama pada kawasan rawan laka lantas sepanjang jalan Bumiayu-Paguyangan,” ucap Kasat Lantas

Harapannya, dengan pemasangan banner berisikan informasi keberadaan jalur penyelamat, akan mudah terbaca oleh pengemudi jika menghadapi kondisi darurat sehingga terhindar dari kecelakaan.

Selain pemasangan Banner, bersama dengan jajaran Pos Lalu Lintas Bumiayu sterilisasi kawasan kawasan jalur penyelamat. Hal ini agar tidak ada kendaraan yang parkir pada lokasi tersebut.

“Karena sangat berbahaya jika akses jalur penyelamat untuk kendaraan parkir. Sehingga bersama dengan Pos Lalu Lintas melakukan sterilisasi terutama yang berada depan Gardu Induk PLN,” terang Edi.***

3000 298 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page