Antusias Warga, Kirab Budaya Sedekah Bumi Desa Kalibuntu

Brebes, – Topsberita.com – Sedekah bumi merupakan tradisi dari leluhur yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Desa Kalibuntu Kecamatan Losari Brebes sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Iring-iringan Kirab budaya sedekah bumi terdiri dari seluruh hasil bumi masyarakat Desa kalibuntu yang di susun menyerupai gunungan ada juga nasi tumpeng hasil karya istri perangkat Desa serta jajanan pasar.

Pawai diikuti ratusan warga yang antusias menampilkan kreasi, Kirab tersebut dimulai dari Rumah Sartono (Kepala Desa) dan diarak menuju halaman kantor balai desa ⁰setempat yang merupakan pusat lokasi acara kegiatan melalui jalan desa.

Selanjutnya gunungan hasil bumi dan tumpengan, jajanan pasar dinikmati bersama -sama warga sebagai wujud rasa syukur dalam kebersamaan dan kerukunan.

“Kirab sedekah bumi sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa kalibuntu,” ungkap Sartono Kepala Desa saat di konfirmasi awak media di lokasi kegiatan. Sabtu (23/9/2023)

Menurutnya beberapa rangkaian acara yang akan diselelnggarakan meliputi kirab sedekah bumi, seperti istigisah.

“Kegiatan digelar selama satu hari dan Puncak acara sedekah bumi berlangsung pada sabtu malam, yakni pergelaran Sandiwara tutupnya.( Tgh)

3000 293 kali dilihat, 138 4 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page