Gratis ! Ribuan Warga Brebes Menerima Bantuan Sambungan Listrik Dari Program BPBL

Brebes, Tops Berita – Kabupaten Brebes mendapatkan kuota sebanyak 2.173 sambungan rumah tangga secara gratis yang tersebar ke 17 Kecamatan melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Program BPBL tersebut dari kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang bersinergi dengan komisi VII DPR RI.

MP Dwinugroho selaku Direktur Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan bersama Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma menghadiri Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Cipetung, Paguyangan, Brebes. Senin (6/11/2023)

“Sampai 3 November 2023 telah menyala sebanyak 2.150 sambungan rumah tangga yang tersebar di 17 kecamatan, se Kabupaten Brebes,” ungkap Dwinugroho.

Ia menyampaikan, selain meningkatkan rasio elektrifikasi, dengan program BPBL berharap dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga.

Sementara itu, Anggota komisi VII DPR RI Hj. Paramitha Widya Kusuma SE mengatakan, program BPBL telah berjalan sejak tahun 2021 dan berlanjut sampai tahun 2023.

“Bantuan ini Gratis tidak di pungut biaya sepeserpun,” kata politisi PDI Perjuangan saat menghadiri peresmian dan penyalaan program bantuan pemasangan  baru listrik (BPBL) Jawa Tengah. Senin (6/11/2023). Aula balai desa Cipetung kecamatan Paguyangan Brebes.

Ia kembali menegaskan bahwa bantuan tersebut, program kementrian ESDM bekerjasama dengan komisi VII DPR RI. Program ini dijalankan oleh perusahaan listrik negara (PLN).

Sementara itu PJ Bupati Urip Sihabudin menyampaikan masih banyak desa-desa wilayah kabupaten Brebes yang belum teraliri listrik PLN.

Menurutnya, sebanyak 2400-an rumah yang belum menikmati aliran listrik PLN, 355 merupakan keluarga miskin ekstrim.

“Namun Alhamdulillah desa cipetung tidak termasuk daerah miskin ekstrim,” tandasnya.

Perihal kemiskinan ekstrim, lanjut Urip di kabupaten Brebes pada tahun 2024 tidak mungkin zero stanting. Hal ini karena faktor disabilitas dan lansia.

3000 454 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page