PJ Bupati Brebes Minta Perumda Bank Brebes Jadi Perseroda

Brebes – Topsberita.com – PJPj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum melantik Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Perumda BPR Bank Brebes Anna Dwi Rahayuning Rizky ST MT dan Anggotanya Juniar Shubchi SE MSi. Dia minta lembaga keuangan tersebut jadi Perseroan daerah (Perseroda).

“Kepada para direksi ini sudah ada dewan pengawas baru, di bawah kepemimpinan penjengan dan di bawah pengawasan ini, saya meminta betul supaya lembaganya disesuaikan dengan PP Nomor 50, ini masih Perumda,” kata Iwan usai melantik Dewas di Aula Lantai 5 KPT Brebes, Senin (18/12/2023).

Melihat potensi yang sangat terbuka, Iwan menilai masih perlu dilakukan beberapa perbaikan dalam pengelolaan Perumda. Salah satunya melalui perubahan bentuk menjadi Perseroda, nanti akan dikawal dan fasilitasinya bersama Pemkab Brebes.

“Aset Bank Brebes di bawah 100 miliar, sekitar 98 miliar, masih diperlukan perluasan jaringan usaha dan kerja sama perusahaan. Jika jadi Perseroda memiliki kepastian hukum melalui pengelolaan perusahaan yang lebih profesional,” jelasnya.

Dari pengalamannya, Iwan pernah menjabat Ketua Dewan BPR BKK Kabupaten Tegal selama 2 periode, juga di beberapa lembaga keuangan di Jawa Tengah. Dirinya selalu menjalin kerja sama saat mengalami masalah, terutama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Jadi semuanya punya tugas besar, tolong segera tuntaskan jika ada masalah, tugas njenengan ngawasi. Saya juga bisa mengintervensi jika diinginkan,” ucapnya.

Iwan menyarankan buat SOP yang bagus, selalu mintakan persetujuan dewan pengawas. Jangan sampai terjadi fraud atau tindakan penyimpangan, baik internal maupun dengan nasabah, karena bagaimanapun semuanya harus mampu mewujudkan lembaga perbankan yang sehat.

“Ke depan saya juga meminta para eksekutif tolong dibantu, para direksi dan komisaris jadikan Bank Brebes ini lebih baik, saya yakin Dewas ini tidak abal-abal, mampu melaksanakan tugas sungguh-sungguh,” pintanya.

Iwan berharap, Bank Brebes dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi daerah melalui kegiatan usaha perbankan guna meningkatkan pembangunan daerah.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Brebes Nomor 500/1671 Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Brebes.

Disaksikan Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Asisten II Sekda, Kepala OJK Tegal, serta dihadiri beberapa OPD dan jajaran direksi dan staf Perumda Bank Brebes.( Tgh)

3000 239 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page