Dandim 0713 Brebes Jelaskan ke Babinsa Agar dilingkungan Kandang Kambing Tak Bau Menyengat

Brebes – Komandan Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si tinjau kandang kambing milik Babinsa Songgom, Koramil 17 Songgom, Koptu Kardiyono yang berada di Desa Songgom, Kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (13/01/2024).

Peninjauan setelah dari Demplot Ketahanan Pangan Tanaman Jagung yang berdampingan dengan Kandang kambing adalah sebagai upaya untuk menambah penghasilan Babinsa, disamping memonitor perkembangan Demplot Ketahanan Pangan, juga memelihara kambing.

Komandan Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si menyampaikan “Program Ketahanan Pangan yang berlokasi di Desa Songgom nantinya multi keuntungan, dimana petani bias memanfaatkan daundan batang jagung saat panen diberikan untuk makan kambing, juga ada program lain yaitu pengolahan limbah kambing untuk dijadikan kompos. Ini sangat penting karena di Desa Songgom kebutuhan akan pupuk sangatlah tinggi. Mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani sehingga kebutuhan pupuk saat ini mengambil dari luar daerah”. Papar Dandim.

Pupuk yang ada berupa CM (kotoran ayam). Hasil pengamatan yang ada saat ini ternyata CM dipakai secara terus menerus hasilnya kurang memuaskan. Masih lebih baik menggunakan kompos dari limbah kambing.

Sementara untuk makanan kambing berupa daun jagung dan rumput sangat melimpah untuk dijadikan makanan ternak khususnya kambing.

Melihat hal tersebut, Komandan Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mendorong Babinsa agar membuat kandang sendiri dengan kambing lokal maupun domba yang mempunyai nilai jual cukup tinggi bila dibandingkan dengan kambing lainnya.

Dengan kondisi tersebut Dandim Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto terus berupaya mendorong Babinsa dan warga binaannya agar budidaya kambing ini dimaksimalkan. Sebab banyak keuntungan yang didapatkan, kata Dandim.

Letkol Infanteri Sapto Broto saat meninjau kandang sangat senang apa yang dilakukan oleh Babinsa Songgom yang mempunyai program pembudidayaan kambing dan pengolahan limbahnya dijadikan kompos. Apalagi kotoran kambing tidak menimbulkan bau menyengat, karena di semprot cairan Mikroba PA 63 Garuda 0713 dengan fungsi Sebagai pengurai alami, baik di areal pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Kotoran kambing yang tersiram mikroba akan menjadi alami kembali karena semua residu kimiawi serta virus virus dan jamur perusak akan diurai Mikroba PA 63 Garuda 0713 sehingga tidak mengeluarkan bau. (Bkh).

3000 204 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page