Apel Hari Bumi, PJ, Walikota Tegal : Setiap Hari Adalah Hari Bumi

Tegal – Topsberita. com – Peringatan Hari Bumi Kota Tegal dipusatkan di Pantai Alam Indah (PAI) Kelurahan Mintaragen, Kota Tegal dengan melaksanakan apel dan bersih pantai serta penanaman mangrove, Sabtu (4/5/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal, Dadang Somantri memimpin langsung giat tersebut, didampingi Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Dadang Somantri menyampaikan bahwa Hari Bumi Sedunia adalah kesempatan bagi kita untuk merenungkan betapa pentingnya menjaga planet ini dan mengambil tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan alam kita.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk mengingatkan diri kita sendiri dan orang lain tentang tanggung jawab kita terhadap bumi,” tutur Pj. Wali Kota Tegal.

Hari Bumi bukan hanya tentang menyadari masalah-masalah lingkungan saja, menurutnya ini juga tentang mengambil tindakan. Dadang menambahkan ini merupakan panggilan untuk semua individu, komunitas, dan pemerintah untuk berkomitmen pada tindakan nyata yang akan memperbaiki kondisi bumi kita.
Dengan melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup kita sehari-hari, seperti mengurangi limbah plastik, menghemat energi, dan mendukung praktik pertanian berkelanjutan, kita dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesehatan bumi kita.

Pj. Wali Kota juga mengajak agar mengunakan Hari Bumi ini sebagai inspirasi untuk menjadikan setiap hari sebagai hari yang berarti dalam menjaga dan melindungi rumah kita bersama ini. Bersama-sama kita dapat menciptakan masa depan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan harmonis untuk generasi mendatang.

“Mari gunakan Hari Bumi ini sebagai inspirasi untuk menjadikan setiap hari sebagai hari yang berarti dalam menjaga dan melindungi rumah kita bersama ini. bersama-sama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan harmonis untuk generasi mendatang,” pesan Dadang Somantri.

Selain acara bersih pantai, juga dilaksanakan penanaman pohon mangrove di sekitar Obyek Wisata PAI. Apel dan bersih pantai dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia ini diikuti oleh 600-an peserta yang terdiri dari TNI Polri, OPD, sekolah Adiwiyata, civitas Akademika, Komunitas Peduli Lingkungan, Bank Sampah, PKK Kota, PKK Kecamatan dan PKK Kelurahan, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dan Saka Kalpataru.

Senada dengan Pj. Wali Kota Tegal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal, Nany Lestari menyampaikan bahwa perlu kesadaran bagi kita semua minimal untuk menjaga lingkungan sekitar kita, hal tersebut bisa dilakuikan dengan berbagai cara.
Ia mencontohkan untuk menanam pohon di rumah masing-masing, jika keterbatasan lahan bisa dilakukan penanaman di pot. “Dengan demikian kita dapat menjaga lingkungan kita lebih hijau lagi,” ungkap Nany Lestari. (Tgl)

3000 135 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page