Rujukan Pembangunan ZI, Lapas Brebes Terima Kunjungan Bapas Cirebon

Brebes, Tops Berita – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah menerima kunjungan dari Balai Pemasyarakatan Kelas I Cirebon dalam rangka studi tiru pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Selasa (24/9/2024).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya bersama antara UPT Kemenkumham untuk memperkuat integritas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan studi tiru ini dilaksanakan dengan fokus pada pemahaman dan implementasi ZI WBK untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari praktik korupsi.

Kepala Lapas Brebes, Isnawan mengajak rombongan tim ZI Bapas Cirebon yang dipimpin Kepala Bapas Cirebon, Roni Kurnia ke ruang WBK/WBBM Lapas Brebes untuk sharing session kemudian rombongan diajak untuk meninjau layanan dan kegiatan pembinaan di Lapas Brebes, serta penerapan inovasi yang telah dibangun.

Kunjungan studi tiru itu, menurut Isnawan merupakan kehormatan tersendiri bagi Lapas Brebes karena dinilai layak untuk menjadi contoh dalam melakukan pembangunan ZI. Hal itu tidak terlepas dari keberhasilan Lapas Brebes dalam meraih predikat WBK pada 2019 lalu.

Isnawan menjelaskan, pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM tidak hanya sebatas formalitas saja, namun merupakan suatu kewajiban yang harus dibangun oleh seluruh satuan kerja dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Hal yang terpenting bukan menyangkut diperolehnya predikat atau tidak, namun bagaimana melaksanakan kewajiban untuk terus memberikan layanan yang prima kepada masyarakat,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bapas Cirebon, Roni Kurnia menyebut Lapas Brebes memang layak untuk menyandang predikat WBK. Hal itu terlihat dari kegiatan layanan dan pembinaan yang sudah berlangsung sangat baik.
“Tentu semangat pembangunan ZI di Lapas Brebes ini akan kami adopsi untuk peningkatan pembangunan ZI di Bapas Cirebon,” pungkasnya.

Tujuan utama dari kegiatan studi tiru ini adalah meningkatkan sumber daya manusia insan pengayoman. Dengan memahami dan menerapkan konsep ZI WBK, diharapkan bahwa pelayanan kepada masyarakat akan semakin prima dan berintegritas serta Bapas Cirebon juga berhasil mewujudkan UPT berpredikat WBK.

(Salam)

3000 59 kali dilihat, 138 59 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page