Satgas Covid-19 RW 09 Kelurahan Dukuh Dapat Kunjungan dari Satgas Nasional Covid-19

Salatiga, Tops Berita – Satgas Covid-19 RW 09 Kelurahan Dukuh, Jumat (20/8/2021) mendapat kunjungan dari Tim Satgas Covid-19 Nasional BNPB dari Jakarta. Ada dua orang yang berkunjung secara langsung, yaitu Noveri Maulana dan Andi Ilham Said, PhD. Salah satu tujuan dari kunjungan ini untuk mengobservasi penanganan Covid-19 sampai tataran mikro.

Andi Ilham Said, Ketua Tim Observasi PPKM Mikro dari Satgas Nasional Covid-19 mengatakan bahwa kunjungan ini dalam rangka mengobservasi penanganan Covid-19 sampai mikro.

Selain itu, ia mengatakan juga untuk menerima keluhan dan masukan dari masyarakat terkait adanya Covid-19. Yang berikutnya juga untuk belajar, menemukan keunikan yang ada di masyarakat dengan adanya pandemi Covid-19.

“Kami bertugas untuk mengobservasi penanganan Covid-19 sampai tataran mikro. Ada 8 provinsi yang akan kita kunjungi, kebetulan minggu ini di Jawa Tengah, dan hari ini di Kota Salatiga. Selain itu kami juga menyerap aspirasi dari masyarakat baik berupa keluhan atau masukan-masukan untuk dibawa ke nasional. Yang terakhir, kami juga ingin belajar langsung ke masyarakat barangkali ada hal-hal positif yang ada di sini dan belum ada di tempat lain,” kata Andi Ilham Said.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk terus melaksanakan dengan disiplin adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan 5M. Ia mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker dan diusahakan maskernya double. Anak-anak usia di bawah 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun juga dilarang untuk diajak keluar rumah agar tidak terpapar covid-19.

Tim Satgas Nasional juga meminta kepada masyarakat yang terpapar untuk memilih menjalani isolasi di isolasi terpusat yang disiapkan oleh pemerintah. Karena menurutnya, isolasi mandiri di rumah itu kurang ideal. Namun, ia mengucapkan terima kasih atas program jogo tonggo yang telah berjalan di RW 09.

“Memang Covid-19 sudah menurun namun belum hilang, apalagi Jawa Tengah masih peringkat satu. Saya mengajak kepada masyarakat untuk terus menerapkan 5M. Saya juga mengimbau kepada warga yang terpapar Covid-19 untuk menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat yang disediakan pemerintah. Karena isolasi di rumah itu kurang ideal. Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Covid-19 RW 09 yang sudah luar biasa membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19,” imbuh Andi Ilham Said.

Tri Anjar Suprapto, Ketua RW 09 dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim satgas Covid-19 nasional. Menurutnya, RW 09 ini sering mendapat kunjungan baik dari tingkat Kota, Provinsi, dan kali ini dari tingkat nasional. RW 09 telah melaksanakan intruksi dari pemerintah mengenai penanganan Covid-19, seperti membentuk tim satgas Covid-19, menggerakkan program jogo tonggo, dan berbagai kegiatan lain yang mendukung percepatan penanganan Covid-19.

“Selamat datang di RW 09 kepada Tim Satgas Nasional Covid-19. Inilah kami apa adanya tidak ada yang dibuat-buat. Kami pun menyambut kedatangan tim dengan sederhana apa adanya. Kami sangat mendukung berbagai kegiatan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Bahkan di RW kami sudah seratus persen lansia melakukan vaksinasi. Itu semua berkat kesadaran yang tinggi warga kami. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Tim Satgas Nasional Penanggulangan Covid-19,” kata Tri Anjar Suprapto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Sekcam Kecamatan Sidomukti, Lurah Dukuh, dokter dari Puskesmas Kalicacing, Babinsa, Babinkamtibmas, dan beberapa pengurus Satgas Covid-19 tingkat RW 09. Acara berlangsung lancar dan disertai dengan tanya jawab dengan tim pengunjung. Acara berlangsung kurang dari dua jam. Acara diakhiri dengan foto bersama di depan gedung pertemuan RW 09 Kelurahan Dukuh. (Red)

3000 284 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page