PKL Alun Alun Brebes Dapat Bantuan Beras

Brebes, Topsberita.com,- Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal di Alun-alun Brebes mendapatkan bantuan satu kantong beras yang isinya masing-masing seberat 5 kg. Bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes ini, selanjutnya yang diserahkan kepada mereka lewat Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) di aula Islamic Center, Brebes, Sabtu (18/9).

Ketua Paguyuban PkL Pendopo Sejahtera, Ahmad Jazuli mengemukakan, meski sempat beberapa hari diperbolekan berjualan, namun dirinya bersama dengan pedagang lainnya kembali dilarang berjualan di Alun Alun Brebes. Hal itu dikarenakan Kabupaten Brebes kembali menyandang PPKM level 4, sehingga alun-alun yang merupakan fasilitas umum ditutup (dilakukan penyekatan) oleh aparat setempat.

“Sejak PPKM naik ke level 4, sementara ini dari 210-an pedagang yang biasa berjualan di Alun-alun Brebes atau yang termasuk dalam Paguyuban PKL Pendopo Sejahtera tidak dibolehkan berjualan. Jadi, kami sebagai pengurus paguyuban memintakan bantuan sosial kepada Pemkab Brebes. Alhamdulillah, hari ini kami semua dapat bantuan beras,” ucap Jazuli.

Salah satu PKL Alun Alun Brebes Yuli mengaku senang mendapat bantuan sosial dari Pemkab Brebes. Meski begitu, dirinya menyayangkan jika bantuan ini hanya berupa beras saja. Menurutnya, bantuan yang diberikan dalam dua tahap ini, sebaiknya diserahkan semuanya.

“Alhamdulillah, saya senang dapat bantuan beras ini, tapi lainnya gak ada. Harusnya bantuan tahap pertama ini berupa sembako dan tahap kedua dalam bentuk uang seperti yang sebelumnya. Jadi bisa buat beli yang lain, bisa buat beli lauk pauknya,” terang Yuli.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Drs Zaenuddin MSi mengemukakan, pihaknya mewakili Pemkab Brebes menyerahkan bantuan sosial berupa beras untuk para  PKL Alun-alun Brebes.

“Totalnya 210 kantong (isi 5kg). Jadi pedagang kaki lima maupun pedagang dalam kios di Alun-alun Brebes ini dapat bantuan semua. Kalau sebelumnya kan hanya PKL-nya saja yang sudah dikasih uang masing-masing 350 ribu rupiah,” tandasnya.

Bantuan beras ini, lanjut Zaenuddin, diberikan Pemkab Brebes dengan harapan agar bisa meringankan beban para pedagang Alun-allun yang terdampak PPKM level 4. 

“Jika Brebes ini PPKM levelnya sudah turun, maka PKL Alun-alun Brebes bisa kembali berjualan di tempat semula. Tentunya di masa pandemi Covid-19 harus tetap dengan menerapkan  protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” pungkasnya.

3000 224 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page