Anggota Saka Wira Kartika Koramil 15 Ketanggungan Jalani Uji Krida

Brebes – Uji Krida Saka Wira Kartika merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menguji kemampuan dan keterampilan anggota Pramuka dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh Koramil dan diikuti oleh anggota Pramuka.

 

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan Uji Krida Saka Wira Kartika diantaranya Pembelajaran materi 5 Krida Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival, dan Krida Penanggulangan Bencana , Pembinaan karakter dan kepemimpinan.

 

Dan juga ada kegiatan bakti sosial, seperti pemberian sembako, donor darah, dan karya bakti lingkungan.

 

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan karakter disiplin, ketahanan, dan keberanian di dalam diri anggota Pramuka.

 

Seperti yang telah dilakukan oleh Koramil 15 Ketanggungan, Kodim 0713 Brebes saat ini menjalani Uji Krida Pioneering dan Mountenering di Makoramil, Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Minggu (15/09/2024).

 

Disampaikan Pamong Saka Wira Kartika Koramil 15 Ketanggungan Serda Aryono Widodo bahwa ada 15 anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil mengikuti pendalaman Uji Krida Krida Pioneering dan Krida Mountaineering disamping mendalami materi Krida Navigasi Darat, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

 

“Mereka yang ikut Uji Krida adalah anggota yang aktif perwakilan dari berbagai sekolah SMA, SMKdan MA yang ada diwilayah kecamatan Songgom”. papar Serda Aryono Widodo.

 

“Selain itu juga mereka menjalani sejumlah kegiatan outdoor, game, outbound dan kegiatan bela negara. Kegiatan tersebut untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa”. imbuhnya.

 

Ditambahkannya, Saka Wira Kartika merupakan wadah Pramuka Penegak dan Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

 

Pihaknya berharap Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0713 Brebes memiliki disiplin dan sikap mental yang baik. Sehingga mereka menjadi generasi yang berkualitas dari segi pengetahuan, sikap dan perilaku sehari-hari. (Pen0713).

3000 155 kali dilihat, 138 4 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page