Babinsa Koramil 11 Paguyangan, Bantu Petani Bajak Sawah Gunakan Kerbau

Brebes – Kehadiran Babinsa Kodim 0713 Brebes bukan sebagai penyuluh pertanian akan tetapi babinsa Koramil 11 Paguyangan adalah motivator, fasilitator, dinamisator innovator bagi kelompok tani di lapangan.
Seperti keterlibatan Babinsa Cilibur Sertu Joko Erwanto dalam ketahanan pangan ini bukan baru saat ini saja, sebelumnya sudah dilaksanakan, karena para Babinsa Komando Kewilayahan (Kodim) berperan dalam bidang Ketahanan Pangan, mereka mempunyai kewajiban melaporkan data teritorial yang ada di desa binaannya serta menjaga tetap dalam kondisi yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut peran Babinsa sudah mulai dilakukan secara bertahap dan mulai meluas baik dalam cakupan wilayah binaannya maupun kualitas pendampingan di semua wilayah di tanah air, contohnya di Desa Cilibur, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Rabu, (14/06/2023).

Sertu Joko Erwanto salah satu anggota Babinsa saat ini sedang membantu Wahidin (66) membajak sawahnya untuk ditanami padi.

Lahan sawah seluas 2 Ha dari keseluruhan lahan sawah kelompok Tani di sekitarnya, pada masa tanam pertama dan tidak bisa melaksanakan tanam padi secara serentak di sebabkan tidak ada saluran irigasi, sawah ini merupakan sawah tadah hujan untuk pengairan dibantu sumur pantek.

Di sana Babinsa membantu kelompok tani yang masih membajak sawah secara tradisional. Babinsa membantu para petani dengan tenaganya untuk menarik sapi dan membajak lahan sawah, sebelum ditananami.

Nyingkal (bahasa Jawa), atau membajak sawah dengan alat tradisional yang ditarik atau digeret oleh satu atau dua ekor kerbau memang masih dilakukan oleh sebagian petani di wilayah Kabupaten Brebes. (***)

3000 625 kali dilihat, 138 22 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page