Belasan Tahun Tanpa Sambungan Listrik, Kini Rumah Yeni Terang Benderang

Padang Pariaman, Tops Berita – Sejak 2009 lalu, sudah 13 tahun lamanya Rumah Bu Yeni belum memiliki sambungan listrik. Saat malam hari, lampu togok (lampu minyak tanah) menjadi alternatif utama menjadi sumber penerangan.

Tapi kabar bahagia untuk Yeni, dibalik buah kesabaran bersama suami dan anak-anaknya. Awal tahun tahun baru 2022, rumah Yeni sudah memiliki sambungan listrik baru. Kini, ketika malampun Yeni dan keluarganya di Patamuan, Kab. Padang Pariaman tidak minim penerangan lagi, karena sudah ada sambungan listrik baru. Bersama keluarganya kecilnya bisa menikmati fasilitas listrik gratis..

“Terimakasih YBM PLN UP2B Sumbagteng yang telah memberikan sambungan listrik untuk rumah saya, sehingga saya bisa cepat memasak nasi dengan rice cooker, biasanya masak dengan tungku. Dan dapat memudahkan anak saya ketika belajar malam,” ujar Yeni Putri penerima manfaat program listrik gratis, saat tim DD Singgalang mengunjungi rumah kediamannya pada Kamis (13/01/2021).

M. Wahyudi Azri selaku Ketua YBM PLN UP2B Sumbagteng menyampaikan, pengadaan sambungan listrik ini, adalah inisiatif dari YBM PLN UP2B Sumbagteng sinergi dengan Dompet Dhuafa Singgalang. Program ini adalah program perdana di YBM UP2B Sumbagteng, yaitu program pemasangan listrik gratis untuk masyarakat kurang mampu. Dana program ini bersumber langsung dari YPM PLN Pusat yang ada di Jakarta.

“Alhamdulillah kita dari YBM UP2B Sumbagteng membuat usulan dan disetujui. Hal ini juga dapat dilaksanakan berkat adanya aplikasi YBM PLN yang dapat di download di Play store. Dengan aplikasi ini YBM tiap unit bisa membuat usulan program langsung ke YBM PLN Pusat,” katanya.

Program ini diharapkan dapat laksanakan setiap bulannya. Target setiap bulan dapat membantu satu keluarga. “Hal ini tergantung persetujuan dari pengurus YBM PLN Pusat, kami mohon doa dari Bapak Ibu semua agar program ini dapat berjalan dengan konsisten,” katanya.

“Satu hal lagi, Alhamdulillah program ini juga dapat terlaksana berkat bantuan DD Singgalang. Baik dalam mencarikan usulan penerimaan manfaat serta dalam eksekusi pelaksanaannya. Saya mewakili YBM PLN mengucapkan Jazakallah Khairan kepada tim DD Singgalang. Semoga Allah balas dengan kebaikan di dunia dan akhirat,” imbuhnya.

“Kami juga sangat berharap doa Bu Yeni dan keluarganya, agar seluruh keluarga besar YBM PLN serta kita semua Allah beri keberkahan rezeki dan kesehatan, agar YBM PLN dapat menebar manfaat bagi umat,” sambungnya.

Novil Oksan Putra selaku Supervisor Fundraising DD Singgalang mengatakan, pengusulan sambungan baru listrik ini berawal dari survei ke lokasi pada Kamis (2/12/2021), dari hasil survei tampak yang urgen dibantu adalah penyambungan listrik.

“Lebih kurang 13 tahun rumah Bu Yeni berdiri, sama sekali belum ada aliran listrik, jadi kami usulkan kepada partnership YBM PLN UP2B Sumbagteng untuk pemasangan listrik, Alhamdulillah pihak YBM PLN UP2B Sumbagteng menerima usulan pemasangan listrik tersebut, dalam waktu dua minggu pasca survei, proses penyambungan listrik pun terlaksana pada Selasa (11/01/2022),” ujar Novil.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi Bu Yeni dan keluarganya. Dapat memudahkan anak-anak untuk belajar dan membuat tugas di malam hari,” imbuhnya.

Sahabat, lokasi rumah Bu Yeni termasuk jauh dari keramaian, butuh waktu satu setengah jam jika kita berangkat dari Kota Padang agar sampai ke rumahnya. Akses jalan warga disana pun belum terlihat bagus, sebagian masih jalan tanah dan sebagian lagi jalan kerikil. Kita harapkan semoga ada perhatian dari pemerintah setempat untuk perbaikan jalan tersebut.  (Jen)

3000 425 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page