Dandim Brebes Bersama anggota Dorong Gerobak dilokasi TMMD Desa Buniwah

Brebes – Dandim 0713 Brebes, letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si berjibaku mendorong gerobag berisikan material bersama anggota TNI dan masyarakat pada pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA. 2024 di Dukuh Gunung Puyuh, Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Selasa (19/03/2024).

Menurut PJ. Bupati Brebes Iwannudin Iskandar, S.H., M.Hum mengatakan, program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur-unsur TNI, pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat dalam kegotong royongan dan kebersamaan dalam melaksanaan pembangunan desa.

“Bangga yang setinggi-tingginya kepada Pak Dandim Brebes dan seluruh teman-teman TNI serta warga masyarakat di lapangan yang bekerja luar biasa, membantu, gotong royong membangun jalan tembuh ke Dukuh Gunung Puyuh yang sebelumnya merupakan jalan setapak kini menjadi jalan lebar 3 meter, ada juga pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah dilakukan,” ujar Bupati Brebes saat melihat media medsos ada foto Dandim Brebes tersebar sedang menarik dan mendorong gerobag dilokasi TMMD Desa Buniwah Sirampog.

Sementara Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto menyatakan, pelaksanaan TMMD menjadi semangat menumbuhkan sifat gotong royong yang mulai pudar di tengah-tengah masyarakat. Sejatinya, TNI bisa melakukan sendiri dalam program pembangunan desa itu, tetapi semangat gotong royong tidak bisa tercapai tanpa melibatkan masyarakat.

“TMMD sebagai bagian dari kegiatan yang luar biasa ini, besar harapan saya bisa merajut kesetiakawanan dan kebangsaan antar kita semua. Karena kita ini ketika bekerja luar biasa dianggap pencitraan, salah sedikit dianggap teledor. Bahkan ada fenomena baru di masyarakat kalau ada orang kecelakaan sibuk memvideo, kemudian sibuk memviralkan, bukan menolong,” tandasnya.

Fenomena tersebut, lanjut Dandim menjadi tanggungjawab besar bersama dalam mendorong semangat gotong royong, menjaga kebersamaan dan kesetiakawanan di tenga-tengah masyarakat.

“TMMD sebagai wujud kongkrit dari kesetiakawanan dan kegotong royongan itu. Bukan hanya teman-teman TNI yang membangun, tetapi melibatkan semua stakeholder,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa sasaran fisik pekerjaan peningkatan jalan diantaranya pembangunan jalan 442 M, lebar 2,8-3 meter dengan ketebalan 0,20 meter, Rabat Beton Sand Sheet panjang 442 meter, pekerjaan gorong-gorong 3 Unit, pembuatan jembatan 2 unit panjang 12 meter lebar 3 – 5 meter, Talud jalan 4 unit panjang 515 meter dan Rehab Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) 6 unit diantaranya dirumah Sarkam Rt 06/01, Ibu Rozikoh Rt 02/01, Ibu Minah Rt 01/04, Ibu Wahyuni Rt 04/04, Ibu Waunah Rt 01/04 dan Ibu Saryi di Rt 01/04 kini sudah selesai.

TMMD yang bertemakan “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Diwilayah” berharap masyarakat bias menikmati hasil apa yang dikerjakan oleh TNI kodim 0713 Brebes bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes dalam upaya mensejahterakan dan pemerataan pembangunan dan perekonomian. (Bkh).

3000 152 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page