Di Desa Wanasala Brebes, Babinsa Tempat Curhat Masyarakat Petani

Brebes – Berbagai aspek kehidupan masyarakat dan permasalahannya tak lepas dari peran aktif Babinsa dalam proses penyelesaiannya. Dengan kondisi yang nyata, kehadiran Babinsa ditengah masyarakat dapat menjadi tempat terbaik untuk berkeluh kesah, serta guna menuangkan semua kendala yang sedang dihadapi warga binaannya. Selasa (09/01/2023).

Contoh kedekatan dialami oleh Serda Johan Prasetyo Babinsa Koramil 17 Songgom, Kodim 0713 Brebes, bersama petani di Desa Wanacala, Pihaknya mengaku sebagai seorang prajurit kewilayahan, ia harus mampu menjadi solusi terbaik dan mengedukasi warga masyarakat binaannya, sehingga bisa mendapatkan hidup yang lebih baik dan sejahtera.

Kali ini, Serda Johan Prasetyo sambangi petani binaan, dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa seorang Babinsa harus cepat menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang ada. Karena di setiap permasalahan masyarakat harus mampu menguasai dan dapat memberikan solusi penyelesaiannya dengan bijaksana.

“Hari ini saya mendapat curhatan dari warga binaan, yaitu seorang petani Jagung dan Bawang Merah terkait sulitnya air sehingga kendala panen kerap dialami ketika musim kemarau, dikarenakan di daerah Wanacala sulit mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian dan kebutuhan masyarakat. Kendala yang dialami masyarakat tersebut akan kami kordinasikan dengan Instansi terkait dan perangkat desa untuk mencarikan solusinya,”tutur Serda Johan Prasetyo,

Ditambahkan Serda Johan Prasetyo, berkaca dari wilayah binaan Koramil Songgom beberapa hari yang lalu, disana sedang dilakukan pengerjaan pembuatan tandon yang dapat menampung air hujan maupun sumber air bersih. Sehingga mampu mensuplay kebutuhan air bagi warga masyarakat sekitar, termasuk digunakan untuk pengairan sawah ataupun lahan para petani disana, semoga didaerah ini juga akan di buatkan tandon air seperti di Kecamatan lainnya.” harapnya.

Sementara, Munawir (66) petani bawang merah menyampaikan, bahwa Babinsa di desa ini sangat membantu sekali dan kami lebih nyaman untuk bercerita atau curhat, karena benar-benar tidak ada batasan sehingga kami merasa nyaman.

“Apalagi pak Babinsa walaupun tentara tapi ndak ada kesan keras, malah santun dan merakyat. Yang kami sukai, apapun yang kami sampaikan pak Babinsa selalu memberikan masukan dengan baik dengan sudut pandang yang membuat kami para petani bisa tetap semangat,” ujar Munawir. (Bkh)

3000 126 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page