Ditinggal Pemilik Rumah ke Sawah, Dapur beserta Bawang Merah Dilalap Si Jago Merah

Brebes, Tops Berita – Wasikin (52), petani bawang merah asal desa Tegalglagah RT 03 RW 04 Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dapur dan bawang merah miliknya ludes dilalap si jago merah.  Selasa (7/2/2023).

Danramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes Kapten Infanteri Sutarno menjelaskan, dari keterangan para saksi, berawal pada Senin 6 Februari 2023 sekitar pukul 21.00 WIB Wasikin melakukan pengasapan bawang merah di dapur untuk rencananya akan ditanam di lahan seluas 3 petak atau kurang lebih seperempat bahu.

“Sekitar jam enam Selasa pagi, anak Pak Wasikin melihat adanya kobaran api kecil di sekitar tempat pengasapan bawang sehingga dilakukan pemadaman sendiri menggunakan air dan ember,” bebernya.

Karena yakin api sudah padam lanjut Danramil, maka pemilik bawang merah pergi ke sawah sekitar jam tujuh pagi.

Lanjutnya, pada pukul 10.40 WIB kebakaran pun terjadi. Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan sarana seadanya.

Menurut Danramil, kebakaran yang menghanguskan dapur, 1 ton bawang merah, peralatan elektronik dan rumah tangga, dan 1 unit pompa diesel penyedot air tidak memakan korban jiwa namun diprediksi menelan kerugian Rp 70 juta.

“Babinsa kami bersama perangkat desa kembali melakukan himbauan kepada warga agar lebih berhati-hati dan teliti sebelum meninggalkan rumah untuk beraktifitas, baik itu memastikan api perapian/kompor atau instalasi listrik apakah benar-benar sudah aman/padam,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga sekitar yang enggan menyebutkan identitasnya menyampaikan kepada tops berita, insiden ini tidak melebar ke rumah tetangga.

“dengan semangat warga sekitar dan dibantu 1 unit mobil Damkar kobaran api dapat dipadamkan sehingga tidak merembet ke lokasi lain,” ungkapnya.***

3000 253 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page