Dompet Dhuafa Singgalang Bagikan Daging Kurban dengan “Kambuik”

Tops Berita, Padang Pariaman – Dalam perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Dompet Dhuafa Singgalang menggelar program Tebar Hewan Kurban (THK) di sejumlah titik lokal di Sumatera Barat, Indonesia Timur hingga ke Palestina.

Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang kepada awak media mengatakan, sebaran titik kurban ta hun ini menjangkau 12 titik Kab/Kota di Sumatera Barat, khususnya wilayah pelosok dan jarang diselenggarakan kurban disana.

“Total 54 ekor sapi dan 48 domba yang disembelih dalam perayaan kurban sejak Selasa (20/07/2021) hingga Kamis (22/07/2021). Kurban didistribusikan untuk warga dhuafa dan masyarakat umum yang jarang dilaksanakan kurban disana,” ujar Hadie.

Seperti tahun sebelumnya Hadie menambahkan gelaran kurban jenis sapi dibeli dari hasil program Kampoeng Ternak (Kater) Ampuan Lumpo Pesisir Selatan. Kemudian untuk hewan kurban jenis domba berasal dari sentra ternak DD Farm Solok dan DD Farm Padang Pariaman.

“Sebagai bentuk pemberdayaan hewan kurban ini kita beli dari program Kater dan DD Farm, saat pemesanan hewan kurban juga sudah melewati proses Quality Qontrol (QC) guna memastikan kelayakan hewan kurban untuk sohibul qurban,” papar Hadie.

Dan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan (zero waste) dan untuk menggelorakan campaign Kurban Asik Tanpa Plastik, proses packaging daging kurban kali ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Pembungkus daging kurban kita juga beli dari salah seorang pengerajin anyaman kambuik dari Padang Pariaman. Bahan baku kambuik ini berasal dari daun pandan. Tentunya pembungkus daging ini ramah lingkungan,” imbuh Hadie.

Salah seorang penerima daging kurban saat dimintai komentarnya kepada media mengatakan DD Singgalang memang berbeda, kami merasa seperti kembali kejaman dimana belum ada plastik, semua makanan hanya dibungkus dengan bahan yang ramah lingkungan.

Penulis : Rudi

3000 182 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page