Gelar Upacara HUT Ke-78 RI, Kalapas Brebes beserta Jajaran Kenakan Pakaian Adat Brebesan

Brebes, topsberita.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes melaksanakan kegiatan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di lapangan dalam lapas dengan mengenakan pakaian Adat Brebesan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dengan menggunakan pakaian adat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia ke-78 mengambil tema “TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU”.

Dalam kesempatan tersebut Kalapas Kelas IIB Brebes membacakan amanat menteri Hukum dan HAM dimana dalam amanatnya menteri Hukum dan HAM menggelorakan agar tetap melanjutkan pembangunan dengan semangat “estafet” merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi, serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi fikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan, serta rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ini tentunya menjadi milik segenap lapisan masyarakat tidak terkecuali terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan.

Lebih lanjut, Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoly dalam amanatnya menyebutkan, pemerintah memberikan remisi umum 1 (pengurangan sebagian) kepada 175.510 orang dan Remisi Umum 2 kepada 172.904 orang dengan jumlah total 2.606 orang Warga Binaan yang langsung bebas pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-78 ini.

“Berdasarkan pengesahan yang telah ditandatangani oleh presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang tertuang dalam Undang-undang no.22 tahun 2022 menggantikan undang-undang no.12 tahun 1995 untuk mengakomodir perkembangan hukum dengan adanya pergeseran konsep perlakuan terhadap narapidana dengan pendekatan penjeraan menjadi tujuan reintegrasi sosial,” jelasnya.

“Khusus pada 17 Agustus tahun ini sesuai instruksi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemunkumham) agar kami mengenakan pakaian adat tradisional untuk memeriahkan HUT RI,” kata Kepala Lapas, Isnawan.

Kegiatan dirangkaikan dengan pemberian penghargaan satya lencana karyasatya kepada 1 pegawai Lapas Kelas IIB Brebes.***

3000 551 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page