Hari Santri. Ratusan Anak Dikhitan PCNU Brebes

Brebes – Topsberita.com – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, ratusan anak dikhitan masal Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Brebes. Mereka berasal dari berbagai daerah di 17 Kecamatan, se Kabupaten Brebes. Dari raut wajah mereka ada yang sumringah, tegang bahkan ketakutan menjalani prosesi khitanan. Selain sunatan massal, juga diserahkan santunan kepada 150 kaum dhuafa di Gedung NU Jalan Yyos Sudarso 36 Brebes, Minggu (15/10/2023) siang.

Khitanan dan Santunan terselenggara atas kerjasama dengan berbagai pihak seperti Pemkab Brebes, Baznas dan RSUD. Sehingga mampu mewujudkan kepedulian kepada anak-anak yang kurang mampu dan belum melaksanakan khitan.

“Usai dikhitan, peserta khitanan mendapatkan uang saku, Baju Koko, sarung dan peci, makan berat, dan senack,” ujar Ketua Panitia HSN PCNU Brebes Mustholah di sela kegaitan.

Mustholah menjelaskan, banyak hikmah yang bisa diambil dari khitan yakni dari segi kesehatan khitan bisa membawa kebersihan, keindahan, kebagusan badan, dan menstabilkan syahwat serta menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Sementara dari sisi ibadah, khitan berkaitan dengan thaharah agar lebih sempurna dalam menjaga diri dari hadas dan najis.

“Jangan sampai ada anak Brebes yang belum khitan karena persoalan biaya, karena banyak lembaga yang menggelar khitan gratis seperti PCNU ini,” kata Mustholah.

Doapun dipanjatkan Mustholah agar mereka menjadi anak-anak sholeh, sehat, bermanfaat bagi orang tua, nusa dan bangsa.

Wakil Ketua Baznas Brebes Hj Aqilatul Munawaroh mengungkapkan, di HSN PCNU kabupaten Brebes Baznas Brebes mentasyarufkan untuk peserta sunatan massal masing-masing mendapatkan Rp200 ribu.

Tampak menyaksikan khitanan massal Rois Syuriah PCNU Brebes KH Hudallah Abdul Karim, Ketua Tanfidziyah PCNU Brebes KH Sholahudin Masruri, Staf Ahli Bupati bidang Hukum Untung Rizaludin, , Ketua GP Ansor Ahmad Munsip, Anggota DPRD Brebes Haryanto dan Mustholah. ( Tgh)

3000 322 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page