Idul Adha 2023, Dinas Peternakan Brebes Gelar Apel Juleha

Brebes – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes mulai menyiapkan Juleha (Juru Sembelih Halal).

 

Sebelum Gelar Apel Juleha, Para Juleha sebelumnya sudah mengikuti Bimbingan Teknis Juleha dari Angkatan I hingga IV Bekerjasama yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Juru Sembelih Halal Kabupaten Brebes, DPKH, Kemenag, MUI dan Balai Besar Pusat Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara – Bogor diantaranya memberikan Pelatihan Juleha dan Kewirausahaan bagi kaum milenial yang diselenggarakan 19-21 Juni 2023. Rabu (21/06/2023).

Sebelumnya DPD Juleha dan DPKH Brebes juga menyelenggarakan Bimtek Angkatan ke- IV yang berlangsung 17-18 Juni 2023 yang pelaksanaan Teori di Aula Jabres DPKH dan Praktek di Rumah Potong Hewan (RPH) Jatibarang.

“Dengan bimtek dan pelatihan ini kami harapkan akan menambah juru sembelih halal yang ada di Kabupaten Brebes,” ungkap Kepala DPKH Brebes drh Ismu Subroto melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Budi Santosa.

Bimtek dan pelatihan angkatan IV diikuti oleh 78 peserta dan Pelatihan Kewirausahaan khusus usia milenial 40 peserta. Salah satu tujuan kegiatan ini untuk meraih sertifikat halal.

Serta, untuk menjadikan banyak penyembelih yang profesional dan kompeten di Kabupaten Brebes.

Menurut Ismu Subroto, kegiatan bimtek dan pelatihan Juleha ini juga merupakan salah satu persiapan jelang Idul Adha. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan ternak.

“Harapannya, bimtek dan pelatihan ini bisa menambah Juleha yang profesional serta berkompeten di Kabupaten Brebes. Sehingga, dapat membantunya masyarakat dalam memotong hewan ternak,” ujarnya.

Bimtek dan pelatihan tersebut, imbuhnya, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Juleha. Dengan tujuannya, menyiapkan para Juleha sebagai ujung tombak penyediaan daging dalam menyongsong sertifikasi produk halal Indonesia Tahun 2024.

Ditambahkan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi juru sembelih yang profesional. Dan nantinya, bisa dipanggil oleh masyarakat yang membutuhkan untuk menyembelih hewan ternak.

“Jadi masyarakat lebih mudah jika membutuhkan juru sembelih, serta mendapatkan hasil sembelihannya yang halal untuk dimakan,” jelasnya.

Sementara Sekretaris DPD Juleha Brebes Pelda Ujang selaku Ketua Penyelenggara Bimtek Juleha Angkatan Ke-IV mengatakan “Seyogyanya para pelaku usaha dibidang penyembelihan dan pengurus masjid, mushola, yayasan dan pondok pesantren serta pemerintahan desa ikut mensukseskan program pemerintah menyongsong sertifikasi produk halal Indonesia Tahun 2024 dengan mengirimkan salah satu panitia kurban untuk mengikuti Bimtek Juleha guna mengetahui lebih lanjut dari UU RI Nomor 147 Tahun 2022 tentang Juru Sembelih Halal yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI”. Paparnya.

Selain menyongsong Idul Adha 1444 H/2023 M, DPD Juleha dan DPKH Brebes juga akan melaksanakan Serkom (Sertifikasi Kompetensi) BNSP Juleha yang bersertifikat Nasional.  (***).

3000 555 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page