Kirab Seni dan Budaya, Pamor Wicaksono Ungkap Sejarah Menarik Tentang Desa Klampis

Brebes, Tops Berita – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes Pamor Wicaksono, mengungkapkan sejarah menarik tentang Desa Klampis kecamatan Jatibarang yang dahulunya menjadi pusat pemerintahan kabupaten pada zaman penjajah.

Demikian menurut Pamor Wicaksono saat acara arak-arakan kirab seni budaya di desa Klampis yang menampilkan kesenian Kuda lumping. Jumat (09/02).

Anggota komisi satu Partai Golkar tersebut menjelaskan perjalanan bersejarah desa Klampis untuk menjadi pengetahuan masyarakat.

Menurut Pamor desa Klampis, memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Pada masa penjajahan, Desa Klampis menjadi pusat pemerintahan kabupaten yang mana berbagai kegiatan administrasi dan keputusan pemerintahan terbentuk pada saat itu.

“Seiring berjalannya waktu, Desa Klampis mengalami perubahan signifikan. Setelah masa penjajahan berakhir, pusat pemerintahan kabupaten pindah ke kota yang lebih besar dan strategis berada di daerah di pantai utara jawa,” tuturnya

“Namun, warisan sejarah Desa Klampis sebagai bekas pusat pemerintahan kabupaten masih terlihat hingga saat ini,” jelasnya

Caleg incumbent yang mencalonkan diri untuk keempat kalinya mengungkapkan bahwa di Desa Klampis terdapat bangunan-bangunan peninggalan zaman penjajahan, seperti gedung-gedung tua yang pernah digunakan sebagai kantor pemerintahan dan tempat pertemuan.

Bangunan-bangunan ini menjadi saksi bisu dari masa lalu yang perlu dilestarikan sebagai bagian dari sejarah lokal.

Selain bangunan bersejarah, Desa Klampis juga memiliki berbagai artefak dan dokumen penting yang terkait dengan masa lalu sebagai pusat pemerintahan kabupaten.

“Yang menjadi penanda atau bukti Klampos pernah menjadi pusat pemerintahan daerah yaitu adanya stample yang saat ini masih tersimpan,” ucapnya.

Hal tersebut yang menjadi dasar bagi Pamor Wicaksno beberapa kali menggelar kegiatan di desa Klampos

“Semoga dengan history dari desa Klampis yang pernah menjadi pusat pemerintahan, menjadi spirit bagi saya untuk mencapai harapan dan tujuan,” pungkasnya.

Terakhir, Pamor menjelaskan Desa Klampis akan tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah berdirinya Kabupaten Brebes yang patut menjadi kebanggaan.***

3000 303 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page