Kirab Seribu Tenong Kemakmuran, Warga Sirukun Bersyukur Hasil Bumi Melimpah

Banjarnegara, Tops Berita – Desa Sirukun Kec. Kalibening Kab. Banjarnegara menggelar acara ruat bumi. Rabu (31/5/2023) Kegiatan ini sebagai wujud syukur atas rizki hasil bumi yang berlimpah.

Sebagai wujud syukur atas rizki hasil bumi yang berlimpah warga Sirukun menggelar Ruat bumi dengan mengadakan Kirab Seribu Tenong Kemakmuran.

Kirab Seribu Tenong Kemakmuran adalah sebuah tradisi desa Sirukun Kec. Kalibening Kab. Banjarnegara sebagai wujud syukur warga terhadap sang Pencipta.

 

Istri Plt Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto S.H memotong pita sebagai tanda peresmian Kirab Seribu Tenong Kemakmuran.

Tenong sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti Perkakas tradisional jawa, terbuat dari anyaman bambu, berbentuk bulat bertutup, biasa digunakan untuk tempat kue basah atau bakul bunder.

Dalam acara Kirab Seribu Tenong desa Sirukun, Tenong yang terbuat dari anyaman bambu berisikan nasi, lauk pauk dan makanan olahan hasil bumi.

Sirukun salah satu desa yang terletak pada dataran tinggi Kec. Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Mayoritas masyarakat Sirukun berpencaharian dengan bercocok tanam (bertani).

Suasana desa Sirukun yang bersih dan udaranya sejuk menjadikan warganya selalu hidup rukun dengan mengandalkan perekonomian warga dari hasil bercocok tanam.

Warga Sirukun antusias. Ribuan warga desa berbondong-bondong datang ke lapangan untuk melihat Kirab Seribu Tenong Kemakmuran.

Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, ribuan warga Sirukun mengarak ribuan tenong kemakmuran keliling menyusuri jalan desa dengan menyungginya menuju ke lapangan.

Tri Harso Widirahmanto S.H. selaku Plt Bupati Banjarnegara sangat berterima kasih kepada warga desa Sirukun serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara atas terlaksananya kegiatan yang luar biasa ini.

“Semoga dengan pelaksanaan ruwat bumi Kirab Seribu Tenong Kemakmuran masyarakat desa Sirukun menjadi sejahtera,” ungkapnya.

Plt Bupati Banjarnegara berharap budaya ini akan dilestarikan dan akan melaksanakannya setiap tahun.

Sementara itu, Triatun selaku tim PKK mengatakan merasa bangga dan bersyukur. Kegiatan ini yang pertama terlaksana.

“Alhamdulillah, ini yang pertama kali jadi merupakan kebanggaan terutama PKK Sirukun,” pungkasnya.***

Okto

3000 713 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page