Kodim 0713 Brebes Terima Kunjungan Tim Verifikasi Pelayanan KB MKJP dan Pencanangan TMKK TA. 2024 dari Provinsi Jawa Tengah

Brebes – Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma melaksnakan Pencanangan TNI Manunggal Bangsa Kencana Kesehatan Tahun 2024 dan menerima Tim Verifikasi sekaligus kunjungan lapangan dalam rangka pelayanan KB MJKP pergerakan bhakti sosial TNI Manunggal Bangsa Kencana Kesehatan Tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2024 di Aula Puskesmas Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin (09/09/2024).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Yoyo Kuswanto, Ketua Tim Kerja Hubungan Antar Lembaga dan IBI, Nasri Yatiningsih, S.E., M.M., bersama Tim, Ketua Tim Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2024 Aster Kasdam IV/Diponegoro diwakili Pabandya Bhakti Sterdam IV/Diponegoro Letkol Inf Akhmad Alwi, Kakesdam IV/Diponegoro diwakili Kapten CKM Halim Bachtiar, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si, Kapolres Brebes AKBP Achmad Oka Mahendra, S.I.K., M.M., Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Rachmat Sunaryadi, S.H., M.H., Ketua DPRD sementara Kabupaten Brebes Didi Tuswandi, Kepala BP3KB (Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana) Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma’mun mewakili PJ. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, S.H., M.Hum,    Panitera Pengadilan Negeri Brebes Martin Turnip mewakili Ketua Pengadilan Negeri Brebes, Drs. Ali Jamali mewakili Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Subagya, S.H., K.P,. Harnie Antiek, ST dari Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Kabid Kesmas Dinkes Muhtar mewakili  Kadinkes Kab. Brebes, Bidan Uji Rahayu, S.St Dari PC IBI Kab Brebes, dr. Sandy Wahap, M.Kes Kepala  Puskesmas Sidamulya, Koryan P3KB Kecamatan Wanasari Ety Estiasari, SKM, Muspika Kecamatan Wanasari dan PLKB serta Kader PPKBD Kecamatan Wanasari.

 

Dalam sambutannya Kepala BP3KB  Kabupaten Brebes Drs. Akhmad Ma’mun menyampaikan bahwa Brebes salah kabupaten yang penduduk terbesar dengan kisaran penduduk 2 juta lebih dengan  tingkat pelayanan KB angka mendekati 69% tapi standar peserta KB aktif alat Kontraspesi modern target 70% diantaranya IUP MOP dan lainnya.

 

“Pada tahun ini Kabupaten Brebes program Stunting  sudah sekitar  2,1%  menjadi 2,9 % dan ke depan diharapkan sudah dapat memenuhi target program penanganan masalah Stunting. Dan sebagai Informasi bahwa beberapa kejadian untuk KB Pil banyak yang kebobolan sehingga perlunya pelayanan KB yang lain seperti MOP dan lainnya, kemudian dapat disampaikan bahwa  Pelayanan KB pada tahun ini sudah mencapai kisaran 102 MKJP”. Paparnya.

 

Sementara Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si mengucapkan selamat datang atas kehadiran Tim Verifikasi Pelayanan KB MKJP dan Pencanangan TMKK TA. 2024 dari Provinsi Jawa Tengah dilanjutkan pemaparan RPJMN 2020-2024 yang menargetkan prevalensi stunting di Indonesia bisa turun dari 27,6% menjadi 14% di tahun 2024. hasil SSGI 2022 menyebutkan bahwa prevalensi angka stunting tahun 2022 sebesar 21,6%. pencapaian target ini membutuhkan dukungan dan keterlibatan kolaborasi lintas sektor.

 

Ditambahkannya bahwa kolaborasi tersebut melibatkan berbagai unsur yang terdiri dari pemerintah, komunitas, dunia usaha, akademisi dan media yang disebut pentahelix. penguatan jejaring kemitraan sangat penting dalam mencapai keberhasilan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di lapangan.

 

“Sebagai upaya penguatan pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, pada tahun 2022 telah diterbitkan peraturan BKKBN mengenai rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting di Indonesia, di mana salah satu kegiatan prioritasnya adalah pendekatan multi sektor dan multi pihak dalam konvergensi program percepatan penurunan stunting”. imbuhnya.

 

“Tentara Nasional Indonesia dalam hal Ini Kodim 0713/Brebes memiliki peran strategis dalam turut serta menyukseskan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting. Secara terus menerus, Kodim 0713/Brebes telah mengambil peran penting dalam penguatan program bangga kencana dan penurunan stunting diantaranya melalui penggerakan yang dilakukan babinsa di 17 koramil jajaran Kodim 0713/Brebes hingga akar rumput, sosialisasi langsung pada masyarakat, hingga menyediakan tenaga dan fasilitas kesehatan yang memadai untuk pelayanan keluarga berencana.” kata Dandim.

 

 

“Kerja sama yang baik antara TNI Kodim 0713/Brebes dengan BP3KB kabupaten Brebes ini perlu untuk terus dioptimalkan, salah satunya melalui kegiatan pencanangan Tni Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2024 sebagai tindak lanjut pertemuan Executive Meeting Tni Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2024, sehingga semakin memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas sdm indonesia pada umumnya dan kabupaten brebes pada khususnya. Tutup Dandim Letkol Sapto.

 

Tujuan dari diselenggarakannya pertemuan ini adalah untuk meningkatkan komitmen dan partisipasi dari Kodim 0713/Brebes dalam mendukung program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di kabupaten Brebes dengan memperkuat komitmen pimpinan TNI di setiap tingkatan terhadap program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting.

 

Kegiatan acara diakhiri dengan pemberian bantuan paket sembako kepada keluarga Stunting secara Simbolis oleh Forkompimda Kabupaten Brebes. (*Pen0713).

3000 106 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page