Komandan Brigif 4/Dewa Ratna Pimpin Sertijab Komandan Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma

Tegal – Topsberita. com – Komandan Brigif 4 / Dewa Ratna, Kolonel Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E. Jum’at (20/09/2024) memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Infanteri 407/PK, dari Letkol Inf Hermawan Setya Budi M.Han kepada Letkol Inf Rachmat Ferdiantono SH.M.Han dilakukan di Lapangan Mako Batalyon Infanteri 407/PK, Slawi, Ujungrusi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Dalam rangkaian Upacara Sertijab, Letkol Inf Rachmat Ferdiantono SH.M.Han melaksanakan pengambilan sumpah jabatan, menerima Tongkat Komando dan Bendera Tunggul Padmakusuma serta dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Pakta Integritas Komandan Yonif 407/Padmakusuma sebagai Naskah Serah Terima Jabatan Komandan Yonif 407/PK bersama Letkol Inf Hermawan Setya Budi M.Han

Prosesi pengambilan sumpah dan penandanganan tersebut Naskah Pakta Integritas Komandan Yonif 407/PK berlangsung dihadapan Komandan Brigif-4/DR Kolonel Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E. selaku Irup.

Komandan Brigif 4/DR dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan dalam lingkungan angkatan darat untuk kepentingan organisasi, dimana penempatan dan penyusunan personel dilakukan melalui mekanisme sidang jabatan dan mempertimbangkan semua aspek, khususnya profesionalitas keprajuritan.

Alih tugas dan tanggung jawab jabatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari pembinaan satuan, terutama yang terkait dengan pembinaan organisasi dalam upaya peningkatan kinerja satuan, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok.

“Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma sebagai satuan tempur dibawah Komando Brigif- 4/Dewa Ratna mempunyai tugas pokok melaksanakan fungsi utama yakni pertempuran, pembinaan kekuatan dan pembinaan teritorial secara terbatas, melaksanakan fungsi organik Militer melalui kegiatan bidang Intelijen, Operasi, Personel, Logistik serta melaksanakan rangka fungsi organik pembinaan latihan dalam mendukung tugas pokoknya. Oleh karena itu satuan ini dituntut memiliki mobilitas yang tinggi serta mampu bereaksi cepat sebagai satuan penangkal, penindak dan pemukul yang handal untuk digerakan keseluruh Wilayah NKRI,” jelasnya.

Seusai acara Serah Terima Jabatan Komandan Yonif 407/PK berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penampilan Drumband Canka Padmakusuma Yonif 407/PK.

Selanjutnya dengan diiringi tarian adat jawa yang diperagakan oleh para Prajurit Yonif 407/PK, Letkol Inf Hermawan Setya Budi M.Han sebagai Komandan Lama menyerahkan Keris dan Kuluk Kanigaran (Topi Adat) kepada Komandan Yonif 407/PK yang baru Letkol Inf Rachmat Ferdiantono SH.M.Han. Hal ini melambangkan penyerahan jabatan, wewenang dan tangung jawab sebagai Komandan yang sepenuhnya untuk menjaga dan meningkatkan kemajuan satuan Yonif 407/Padmakusuma. ( Tgh)

3000 16 kali dilihat, 138 3 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page