Patut Dicontoh Upaya Normalisasi Saluran Drainase di Kluwut

Brebes, Tops Berita – Babinsa Koramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes, Serda Rifai memotivasi warga desa binaan, Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba untuk membersihkan saluran air lingkungan pemukiman RW 1, 3, dan 4. Rabu (7/6/2023)

Danramil 07 Bulakamba Kapten Infanteri Sutarno menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih tersebut bertujuan mengajak warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

“Memang sudah seharusnya saluran air bersih agar tidak memicu pemukiman mengalami banjir atau mencegah air agar tidak limpas ke jalan sehingga cepat merusak jalan,” ujarnya.

Selain itu Lanjut Sutarno, juga untuk mencegah berbagai penyakit khususnya melalui perantaraan nyamuk.

“Bersama perangkat desa kita juga menghimbau warga agar tidak membuang sampah pada saluran irigasi atau sungai karena akan mencemari lingkungan, menyebabkan banjir, dan memicu timbulnya berbagai bibit penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Kluwut, Zenal menyampaikan bahwa selain mengeruk sedimentasi saluran pembuangan, juga melakukan pembongkaran cor-coran pada bahu jalan yang menutupi drainase.

Upaya itu untuk mempermudah pembersihan sampah/sedimentasi pada saluran air kedepannya.

“Ini merupakan upaya dalam mengembalikan fungsi dari saluran irigasi, karena bawah cor-coran pada bahu jalan sering memicu penyumbatan,” tegasnya. (Aan/***)

3000 384 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page