Pastikan Air Bersih : Dandim Brebes Cek Sumur Resapan Untuk Warga Ciomas Bantarkawung Sungai Ciraja.

Brebes – Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si berikan apresiasi kepada Kopka Hudayana dengan gerak cepatnya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ciomas, Koramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes langsung membuktikan kinerjanya dalam membantu kesulitan warga, dimana musim kemarau sangat kesulitan air bersih untuk dikonsumsi.

 

Yang dilakukan Kopka Hudayana, Babinsa Ciomas bergerak cepat dibantu dengan warga dalam membuat sumur resapan disungai untuk memenuhi kebutuhan di RW 02 yang memiliki 750 warga di Sungai Ciraja, Desa Ciomas, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah kini sudah mencapai 90 persen saat dicek oleh Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Sapto Broto. Kamis (22/08/2024).

 

Dikatakan Kepala Desa Ciomas Poniran tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih pada KASAD yang telah memberikan bantuan pembuatan Sumur Resapan dan Pipanisasi untuk mendapatkan air bersih kapada warganya yang selama ini sangat membutuhkan.

 

“Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kasad yang telah memberikan bantuan pembuatan sumur resapan dan pipanisasi kepada warga Ciomas sehingga warga kami mendapatkan air bersih yang selama ini diidam-idamkan”. tutur Poniran.

 

“Sekali lagi saya bersama warga Ciomas mengucapkan banyak-banyak terima kasih, dimana warga 750 lebih warga Ciomas bisa mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari”. Imbuhnya.

 

Sementara Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan “Pembuatan sumur resapan ini sekitar menampung 7.000 liter dan disedot oleh pompa untuk dinaikkan ke atas sungai yang selanjutnya disambungkan instalasi pipanisasi Pamsimas Desa, sehingga ibu-ibu tidak lagi ambil dan antri turun disungai Ciraja, ini atas bantuan Kasad melalui Mas Bonek selaku Tim Pipanisasi TNI AD yang turun langsung kelapangan”. Paparnya.

 

“Air bersih di sumur resapan ini tidak akan habis bila diambil selama 24 jam, sehingga warga Ciomas tidak khawatir lagi akan kelangkaan air bersih”. tutur Dandim.

 

Program Air Bersih ini atas Inisiasi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang kita kenal dengan “TNI AD Manunggal Air”.  TNI-AD Manunggal Air sangat berkontribusi untuk Negeri, Selaras dengan semangat penyelenggaraan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Bali, yang mengambil tema “Air bagi kemakmuran bersama”, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD ) terus menggelorakan Program yang dikenal dengan nama TNI-AD Manunggal Air. Program Terobosan TNI-AD yang menitikberatkan pada upaya mengatasi kesulitan air bersih di seluruh wilayah Indonesia itu menjadi semakin relevan dan signifikan.

 

Dengan semboyan ‘TNI-AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI,’ program ini mencakup penyediaan air bersih melalui pemasangan hydraulic ram pump (hydram), sumur bor, dan penyaluran air gravitasi. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan alasan mengapa TNI-AD tetap fokus pada penyediaan air bersih bagi masyarakat. Menurutnya, karena terekam dalam benaknya pada saat TNI-AD berlatih di berbagai wilayah, masih banyak dijumpai daerah yang sangat sulit untuk mendapatkan akses air bersih.  (Pen0713).

3000 112 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page