Pemkot Tegal Terima Hasil TMMD, Perbaikan Saluran Kelurahan Pakauman

Tegal – Topsberita.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono menerima hasil pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 di wilayah Kodim 0712/Tegal, yang diserahkan oleh Komandan Kodim 0712, Letnam Kolonel, Inf. Suratman. Salah satunya perbaikan fisik saluran air di Jalan Merpati, yang melintas di RT 04, RT 05 dan RT 06 di RW 04 Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat.

Penyerahan hasil pekerjaan dilaksanakan pada upacara penutupan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 yang di Halaman Kantor Samsat Kota Tegal, Jum’at (7/6/2024). Hasil pekerjaan tersebut berupa pemasangan saluran u-ditch dan cover tersebut dengan ukuran panjang per u-ditch 1,20 meter, lebar 0,50 meter, tinggi 0,60 meter sepanjang volume 141,6 meter.

Pelaksanaan TMMD diawali pra TMMD yang sudah dimulai 25 April – 4 Mei 2024, sedangkan waktu pelaksanaan mulai 8 Mei – 6 Juni 2024. Selain sasaran fisik, ada beberapa sasaran non fisik yang akan dilaksanakan pada penyelenggaraan TMMD tersebut, yakni penyuluhan kepada masyarakat dan sosialisasi TMMD penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan bahaya stunting dan penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba serta penyuluhan KB Kesehatan dan Posyandu.

Anggaran untuk pelaksanaan TMMD tersebut, baik dalam sasaran fisik maupun non fisik sebesar Rp412.003.000,- yang terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp210.000.000,- APBD Kota Tegal sebesar Rp202.003.000,-.

Dalam sambutan Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal, Deddy Suryadi yang dibacakan Komandan Kodim 0712, Letnam Kolonel, Inf. Suratman menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

“Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” ujar Pangdam IV Diponegoro dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Kodim 0712.

TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 kali ini mengambil tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Menurutnya tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian
Pangdam IV Dipenegoro berpesan agar hasil pekerjaan TMMD yang telah dilaksanakan untuk dijaga dan dipelihara sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Pada Upacara Penutupan TMMD tersebut, Lurah Pekauman, Rudi Pratikno menyampaikan, mewakili Kelurahan Pekauman sangat berterima kasih baik kepada jajaran TNI Polri maupun DPPKBP2PA. “Tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di lokasi tersebu,” ujar Lurah Pekauman.

Rudi menyampaikan dengan selesainya pelaksanaan TMMD apa yang sudah diberikan dan dibangunkan oleh Pemerintah harapannya bisa terus dijaga dan dirawat dengan bergotong-royong bagaimana menjaga kelancaran atau aliran ataupun saluran itu bisa lancar sehingga tidak terjadi genangan ataupun banjir.(Tgh)

3000 174 kali dilihat, 138 10 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page