Penyuluhan Hukum bagi Tahanan Titipan, Sinergi Lapas Brebes bersama LBH Jalan Menuju Matahari

Brebes, Tops Berita – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes bekerja sama dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Jalan Menuju Matahari (LBH JMM) Kabupaten Tegal gelar penyuluhan hukum bagi tahanan, Sabtu (20/7/2024).Bertempat di Aula Blok Hunian Lapas Brebes, turut hadir Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Oky Trisna Hananto dan Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Pramuningtyas Wardhana.

Oky Trisna Hananto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud Kerja Sama antara Lapas Brebes dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Jalan Menuju Matahari dimana kegiatan ini bertujuan supaya para tahanan paham tentang proses hukum. Dari mulai hak dan kewajiban yang menyangkut hukum hingga terkait upaya hukum yang dapat diajukan oleh tahanan dan narapidana yang menghadapi permasalahan hukum baik perkara pidana, perkara perdata, perkara tata usaha negara pada tingkat pertama, tingkat banding dan tingkat kasasi sampai peninjauan kembali.

Pada kesempatan tersebut, Catur Agil Pamungkas selaku Koordinator Tim LBH Jalan Menuju Matahari menjelaskan salah satu tugas mereka adalah memberikan bantuan hukum bagi warga negara yang telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011.Penyuluhan kemudian dilanjutkan oleh anggota tim lainnya yang menjelaskan dalam pemberian bantuan hukum terdapat beberapa asas. Sebelum penyuluhan berakhir, kegiatan diisi dengan sesi sharing. Salah satu tahanan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tim LBH Jalan Menuju Matahari yang telah memberikan bantuan hukum dan konsultasi selama mengikuti proses peradilan.

(Salam)

3000 317 kali dilihat, 138 9 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page