Peringati HPN dan HUT PWI Ke-77, PWI Brebes Tanam 5000 Pohon di Hutan Kretek Paguyangan.

Brebes, Tops Berita – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI Ke-77 2023. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Brebes menggelar tasyakuran dan Reboisasi Hutan di lahan kritis desa Winduaji, Paguyangan Kabupaten Brebes dengan menanam 5000 bibit pohon rimba campur yang akan ditanam di petak 24 desa Pandansari bekerjasama dengan RPH Kretek, BKPH Paguyangan, KPH Pekalongan Barat.

Penanaman pohon melibatkan para Penggiat lingkungan, LSM dan Masyarakat sekitar, adapun jenis bibit pohon yang akan ditanam diantaranya pohon Kopi jenis Arabica dan Robusta.

Penanaman dilakukan sebagai upaya pelestarian alam dan penghijauan hutan untuk memperkuat mitigasi bencana alam.

Ketua PWI Kabupaten Brebes Eko Saputro. S.Sos menuturkan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-77 pada tahun ini PWI Kabupaten Brebes  menggelar kegiatan sosial reboisasi hutan di wilayah Brebes Selatan dengan menanam 5000 pohon sebagai wujud kepedulian insan pers khususnya Anggota PWI Brebes terhadap pelestarian hutan. Kamis (09/02).

“Reboisasi hutan yang dilakukan oleh PWI Kabupaten Brebes sebagai upaya menjaga kelestarian alam juga untuk meningkatkan mitigasi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir khususnya di wilayah Brebes selatan,” jelas Eko

Eko menambahkan karena kerusakan alam yang terjadi di hutan wilayah Brebes bagian selatan berdampak juga ke wilayah Brebes bagian utara.

Saat ditanyakan alasan kegiatan tersebut dilakukan Eko menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HPN ke-77, akan tetapi pada tahun ini berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Melihat dinamikan saat ini sering terjadi bencana alam berupa banjir dan tanah longsor terkait hal tersebut, maka kami mempunyai konsep atau Ide untuk peringatan HPN tahun ini kita fokuskan ke kegiatan Konservasi Hutan, Ini kali pertama peringatan HPN dilakukan dengan konsep Reboisasi Hutan,” imbuhnya

Eko Saputro menambahkan, Pohon Kopi dinilai mempunyai akar yang kuat dan memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga cocok untuk ditanam di daerah yang memiliki struktur tanah yang gembur dan memiliki tingkat kemiringan yang tinggi.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin. SH.MH didampingi Forkopimda Brebes, forkopimcam Paguyangan juga Ketua PWI Brebes beserta elemen Masyarakat.

Sementara itu Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengapresiasi dan mengucapakkan terimakasih kepada PWI Kabupaten Brebes atas ide atau Konsep Reboisasi Hutan diwilayah Brebes selatan.

“Kegiatan penanaman 5000 pohon yang di inisiasi PWI Brebes merupakan Konsep yang luar biasa yang sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.” Ucap Urip Sihabudin.

Ditempat terpisah Ketua panitia peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Kabupaten Brebes Ali Fahmi mengucapak terima kasih kepada semua pihak sehingga acara peringatan HPN Ke-77 yang diadakan PWI Brebes bisa sukses terselanggara dan berjalan dengan lancar.

“Sinergitas PWI Brebes dengan Forkopimda dan semua elemen masyarakat dalam mendukung kegiatan peringatan HPN cukup solid, sehingga acara terlaksana dengan sukses dan lancar.”tutur Ali

Manto (40) warga sekitar memberikan tanggapan terkait kegiatan reboisasi hutan lahan kritis yang dilakukan oleh PWI Brebes, Manto mengucapkan rasa terimaksih buat semua pihak terutama untuk PWI Brebes atas kepeduliannya terhadap kelestarian hutan di daerahnya.

“Terima kasih khusunya buat PWI Brebes dan semua pihak yang terlibat pada kegiatan Reboisasi Hutan, semoga kegiatan seperti ini bisa terlaksana kembali agar kelestarian hutan khusunya yang berada di Pandasari tetap terjaga.” ujarnya

MPC PP Brebes Dedy Anjar, SE juga mengapresiasi kegiatan reboisasi hutan yang dilakukan oleh PWI Brebes Dedy menuturkan, ini sebagai bentuk menjaga kelestarian alam di wilayah Brebes bagian Selatan.

Sangat bagus sekali kegiatan Reservasi hutan dengan penanaman 5000 pohon oleh PWI, sebagai bentuk kepedulian sosial PWI Brebes dalam menjaga kelestarian alam dan saya juga ucapkan selamat ulang tahun PWI ke-77 semoga PWI Brebes semakin maju”, kata Dedy Anjar SE (Wir)

3000 384 kali dilihat, 138 6 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page