Polisi Kawal Prosesi Sedekah Laut Nelayan Muarareja Kota Tegal

Kota Tegal – Topsberita.com – Kepolisian Resor Tegal Kota, mengerahkan puluhan personel untuk mengamankan acara ruwatan dan larung ancak prosesi sedekah laut Nelayan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas melalui Kapolsek Tegal Barat Kompol Aris Haryanto mengatakan, pengamanan rangkaian kegiatan sedekah laut tersebut dilakukan sejak Sabtu (10/8) hingga Senin (12/8) besok.

“Sejak kemarin, diawali dengan pagelaran wayang golek. Hari ini kita amankan prosesi ruwatan dan larung sesaji mengunakan kapal ke lepas Pantai Utara Jawa” ujar Kompol Aris Haryanto, Minggu (11/8/2024)

Kompol Aris menyampaikan, pihaknya menerjunkan anggota di lapangan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. Mulai dari tindak curanmor, copet, perkelahian dan gangguan kamtibmas lainnya.

Menurutnya anggota juga memberikan imbauan agar berhati-hati dan tetap waspada, khususnya bagi warga yang akan ikut melarung sesaji ke tengah laut. Termasuk menyiagakan Kapal patroli dan personel Satpolair.

Setiap kapal tidak boleh melebihi kapasitas muatan, tetap memperhatikan faktor keselamatan yang utama. hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” terangnya

Sementara dari pantauan, anggota Polres Tegal Kota tampak berjaga di sejumlah lokasi sepanjang rute arak-arakan prosesi larung sesaji. Masing-masing TPI Muarareja dan Dok Timur Pantai Muarareja Kota Tegal

Selanjutnya dengan menggunakan kapal nelayan sesaji tersebut dilarung ke lepas Pantai Utara Jawa. Tradisi Sedekah Laut ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur nelayan muarareja atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.( Tgh)

3000 139 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page