Pos Pantau Hasil Hutan Terpadu Mulai Dibangun Perhutani BKPH Salem

Brebes, Tops Berita – Pos pantau hasil hutan sangat penting keberadaannya salah satunya untuk pengamanan peredaran tumbuhan dan satwa liar.

Hal tersebut disampaikan Sail selaku Asper Perhutani BKPH Salem dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pos pantau hutan pada petak 3K wilayah Desa Winduasri. Jumat (18/11/2022).

“Pos ini dibangun agar masyarakat setempat dan sekitarnya tidak melakukan aktivitas yang melanggar hukum,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, pelaksanaan pengamanan hutan di wilayah kerjanya itu akan terus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan segenap unsur termasuk TNI-Polri, berdasarkan tingkat kualitas gangguan yang terjadi di kawasan hutan.

Kemudian pihaknya juga memberikan stimulus kepada warga penyadap getah pinus di sekitar hutan perhutani, yakni bonus sebesar Rp. 500 rupiah/kg di bulan November 2022 ini bagi penyadap getah pinus yang hasilnya melebihi target harian.

Danramil Salem melalui Pelda Rahmat Wahyudin, mengatakan bahwa pendirian pos keamanan itu untuk pemantauan hasil hutan dan untuk membatasi illegal logging kayu pinus.

Hadir dalam peletakan batu pertama antara lain Bati Tuud Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes Pelda Rahmat Wahyudin, Kapolsek Salem AKP Mardiyanto, pihak perhutani, dan juga perwakilan penyadap getah pinus dari warga sekitar.***

(Aan)

3000 292 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page