Prajurit Kodim Brebes Tanam Akar Wangi Seluas 1,5 Hektar

menanam bibit akar wangi di Demplot Ketahanan Pangan TNI AD milik Kodim Brebes luas 1,5 hektar di Desa Songgom, Kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Senin (22/01/2024).

Komando Distrik Militer 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan bahwa tahap awal prajuritnya sudah melakukan pengolahan lahan seluas 1,5 hektar di lahan Milik TNI AD itu untuk dipersiapkan penanaman bibit akar wangi atau vetiver, penanaman vetiver ini adalah untuk mencegah terjadinya longsor saat curah hujan tinggi dan ditanam pada daerah yang rawan longsor.

“Vetiver ini kami tanam untuk memperbanyak bibit, dan rencananya akan ditanam ditepian tanggul sungai yang sering mengalami longsor agar kuat”, ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim Letkol Infanteri Sapto Broto menjelaskan bahwa akar wangi memilili akar yang cukup panjang sekitar 2-5 meter dengan kekuatan 1/6 kawat baja atau sangat sulit di cabut. Dengan keberadaan akar wangi itu, maka bisa menahan erosi atau bencana tanah longsor, jelas Dandim.

“Pengembangan tanaman akar wangi ini sangat banyak manfaat sebagai mitigasi bencana serta bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat setempat”, tambah Letkol Sapto Broto.

Luas lahan yang sudah ditanami Vetiver sudah mencapai setengah hektar untuk saat ini, diprediksi 2 hari lagi akan selesai tertanam hingga mencapai 1,5 hektar. (Bkh)

3000 216 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page