Sekda Resmi Tutup Brebes Expo, Berikut Pemenang Stand Terbaik

 

Brebes, Tops Berita – Brebes Ekspo yang berlangsung dari tanggal 12 sampai 16 Agustus 2023 resmi tutup. Penutupan Brebes Expo dengan penyerahan hadiah pemenang stand terbaik.

Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT menyerahkan hadiah kepada pemenang yang berlangsung di Lapangan Timur Komplek GOR Sasana Krida Adhikarsa. Rabu (16/8/23) malam.

Pemenang kategori OPD terbaik pertama Dinas Pekerjaan Umum, terbaik kedua Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) dan terbaik ketiga Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP).

Sementara kategori swasta terbaik pertama Perum Almaz, terbaik kedua Duta Kembar dan terbaik ketiga Samira Travel. Kemudian kategori UMKM terbaik pertama Es Krim Goreng, terbaik kedua UMKM Mitra Mandiri dan terbaik ketiga UMKM Brebes Bermartabat.

“Selamat kepada para pemenang, stand terbaik ini mewakili keberhasilan pembangunan Brebes baik dalam pemerintahan maupun UMKM,” ucap Sekda Brebes dalam sambutan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH.

Urip menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras seluruh panitia penyelenggara, sehingga kegiatan tahunan ini dapat berjalan dengan lancar. Dia juga memberi penghargaan tersendiri pada instansi, para pengusaha, elemen swasta yang telah membuka stan selama ini.

“Melihat besarnya animo masyarakat menyaksikan gelaran pasar malam dan Brebes Expo. Tujuan penyelenggaraan kegiatan pameran dan pasar malam ini dapat benar-benar tercapai. Artinya tidak hanya suguhan hiburan masyarakat juga tahu berbagai informasi terkait produk khas Brebes termasuk pembangunan,” kata Pj Bupati Brebes.

Urip menambahkan, selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78. Tahun ini Kabupaten Brebes juga mendapat kehormatan sebagai tuan rumah peringatan Hari Jadi ke 78 Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk itu, marilah kita tingkatkan jiwa nasionalisme dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong,” ajaknya.

Lebih dari itu, untuk mempertebal kecintaan pada tanah air dapat terwujud dengan cara mencintai berbagai produk lokal. Produk buatan anak negeri, seperti yang tampil dalam Brebes Expo.

“Dengan pikiran terbuka dan menjauhkan diri dari gengsi semata, mari kita cintai dan gunakan produk dalam negeri,” serunya.

Lanjut Urip, demikian itu, agar cita-cita yang terkandung dalam tema peringatan HUT ke 78 RI yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Berharap dapat memberikan dampak kepada masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Brebes. Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk maju serta dapat bersanding dengan negara-negara lain.

Ketua Seksi Pameran, Pasar Malam, UKM dan IKM Panitia HUT RI Kabupaten Brebes Zaenudin melaporkan, ada 357 stand pada Brebes Expo yang terdiri dari Instansi, Pemerintah Kabupaten Brebes, Properti, Pameran tanaman, UMKM, Kuliner dan pasar malam serta hiburan rakyat.

“Meskipun Brebes Expo ini buka dari jam sembilan pagi hingga jam sembilan malam. Keramaian pengunjung baru mulai jam tiga sore, dengan jumlah rata rata pengunjung berkisar 15 ribu pengunjung perhari,” terangnya.

Zaenudin mengatakan, dalam satu hari ada perputaran uang sebesar 200-250 juta rupiah. Kiranya hal ini sangat menggembirakan karena dapat mempercepat perputaran roda perekonomian Kabupaten Brebes.

“Mengingat ada kegiatan lain dengan waktu yang berdekatan dengan Ekspo, untuk cluster OPD ada 10 stand yang tidak terisi, dengan keterbatasan waktu itu sponsor yang terjaring hanya 20 persen, meskipun ada kendala, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar sampai penutupan,” jelasnya.

Zaenudin berharap, tahun mendatang Brebes Ekspo bisa lebih baik lagi, agar dapat memberikan sarana edukasi, rekreasi dan promosi bagi masyarakat Kabupaten Brebes.***

3000 261 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page