Serahkan SK PPPK, PJ Bupati Brebes Ingatkan Integritas dan Profesionalisme

Brebes – Topsberita.com – Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan kepada 2.419 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formsi 2023. Sontak, ribuan penerima SK tersebut sujud syukur setelah dilantik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Selasa (21/5/2024).

Iwan mengingatkan bahwa amanah dalam mengemban tugas ini, menuntut PPPK memiliki integritas, profesional, entrepreneurship dan memiliki penguasaan teknologi dan informasi. PPPK harus senantiasa mendukung good governance dan tidak boleh hanya tinggal diam, pasif, terlebih ke depan zaman semakin maju dan jangan sampai teringgal. Kejujuran juga diperlukan karena kejujuran itu tidak hanya diucapkan tapi akan dilihat dan rasakan saat bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Dan saya yakin kalian semua mampu melakukan itu,” ucap Iwan.

Iwan berpesan, para PPPK yang baru saja dilantik baik itu guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis lainnya agar menguasai bidang tugasnya. Yang jadi guru harus menuntaskan kondisi angka putus sekolah. Yang jadi tenaga Kesehatan, bisa menurunkan Angka Kematian Ibu melahirkan dan Angka Kematian Anak yang dilahirkan (AKI/AKB) dan tenaga teknis lainnya juga masih banyak garapan yang harus diselesaikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Brebes.

Tetap selalu rendah hati, lanjutnya, jangan sombong, di luaran sana masih banyak orang-orang yang masih belum beruntung. Mengabdilah dengan baik, dengan sungguh-sungguh, agar bisa membanggakan dan memberi manfaat bagi keluarga, orang tua, dan lingkungan sekitar.

Satu lagi, kalian juga akan mendapatkan Id card atau kartu tanda pengenal sebagai ASN PPPK yang di dalamnya terdapat norma-norma yang perlu dipahami. Ada norma tanggungjawab yang harus diwujudkan dengan perbuatan kalian, bukan norma untuk gagah-gagahan.

“Dan hari ini yang belum lolos dan belum bisa menjadi ASN PPPK, tetaplah berusaha, ke depan semuanya juga akan diperhatikan oleh pemerintah, tingkatkan terus kemampuan kalian semua,” pungkasnya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Nur Ary HY, menjelaskan, mereka yang mendapatkan SK PPPK adalah hasil seleksi tahun 2023. Dari formasi sejumlah 2.555, dihasilkan 2.419 ASN PPPK yang lulus dan telah diambil sumpah jabatannya. Mereka terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 723 orang, tenaga pendidik 1602 orang dan teknis lainnya 94 orang.

Dalam pengambilan sumpah jabatan ini, akan diserahkan pula Surat Keputusan (SK) Perjanjian Kerja dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) langsung, sehingga sejak tanggal tersebut yang bersangkutan bisa langsung bekerja di tempat baru.
“Jadi saat setelah pengambilan sumpah mereka langsung menerima SK, Perjanjian Kerja dan SPMT,” ucapnya.

Hal unik juga terjadi usai pelantikan ASN PPPK Kabupaten Brebes yakni seorang guru yang sudah mendapatkan menunaikan nazarnya dengan potong rambut. Dwi Sutoto yang akrab dipanggil Yeyen ini memotong rambutnya yang sudah dipelihara panjang selama tujuh tahun. Sebagai guru, Yeyen mengabdi selama 14 tahun di SD N Ketanggungan 03.

“Kalau ngabdi sebagai guru itu sudah 14 tahun. Dan untuk rambut sudah saya rawat sejak tujuh tahun lalu, dan hari ini saya potong rambut karena dulu nazar kalau diangkat PPPK akan potong rambut,” jelasnya.

Usai melakukan pengambilan sumpah jabatan itu, dirinya maju ke depan untuk memotong rambut oleh pejabat yang hadir dalam pelantikan tersebut. Sontak, sejumlah pejabat baik itu Pj Bupati Brebes, Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Kepala Dindikpora dan lainnya juga ikut memotong rambut guru tersebut.

“Saya mempunyai Nadzar tersendiri. Ini untuk diri saya, kedua orang tua saya dan keluarga saya. Dan alhamdulillah hari ini saya dan teman-teman lainnya dapat menerima SK. Semoga ke depan kita semua dapat memajukan dunia pendidikan,” ucapnya penuh haru ( Tgh)

3000 234 kali dilihat, 138 2 kali dilihat hari ini

You cannot copy content of this page